Home » Hidroponik » 7 Keuntungan Bergabung Dalam Komunitas Hidroponik

7 Keuntungan Bergabung Dalam Komunitas Hidroponik

Oct
23
2016
by : admin . Posted in : Hidroponik, Pertanian

7 Keuntungan Bergabung Dalam Komunitas Hidroponik

Di social media banyak sekali group-group komunitas yang mengajak anda bergabung didalamnya. Bergabung dalam komunitas atau group ini biasanya Komunitas hidroponik dibangun dari dasar persamaan hoby, kesenangan atau sekedar lucu-lucuan. Komunitas hidroponik yang saya tahu selama ini ternyata banyak unsur positipnya, banyak keuntungan yang didapatkan dalam komunitas tersebut. Baik bagi anggota komunitas yang aktif (sering mengikuti kopdar, nulis status, dll) atau anggota komunitas yang pasif (hanya sekedar melihat dan mengambil informasi didalamnya, bahkan nge-like atau komentarpun tidak).

komunitas hidroponik

Berikut ini 7 keuntungan bergabung dengan komunitas hidroponik

  1. Mendapatkan ilmu dan informasi lewat media social secara gratis

Ilmu tentang budidaya tanaman hidroponik dengan berbagai system bisa dengan Cuma-Cuma anda dapatkan dari komunitas. Termasuk informasi teknik hidroponik terbaru hasil karya teman-teman sesama anggota bisa anda dapatkan. Dengan adanya komunitas hidroponik ini system transfer ilmu atau adopsi tentang ilmu budidaya tanaman dengan sistem hidroponik akan semakin cepat. Tanpa adanya penyuluhan secara formalpun anda sudah bisa berkebun hidroponik.

  1. Mudahnya mendapatkan ilmu hidroponik dari pelatihan

Ilmu tentang hidroponik anda akan semakin berkembang jika anda semakin aktif mengikuti kegiatan kemunitas termasuk mengikuti pelatihan-pelatihan yang diadakan oleh komunitas tersebut. Tentunya ini tidak gratis, tapi jangan kuatir tidak akan menguras isi kantong anda kok. Pelatihan hidroponik ini akan diisi oleh pakar-pakar hidroponik atau pengusaha-pengusaha sukses dibidang hidroponik. dengan mengikuti pelatihan ilmu hidroponik terbaru akan anda dapatkan, networking dengan sesama anggota akan terbangun dan timbul kesemangatan yang luar biasa untuk action berkebun hidroponik.

  1. Menimbulkan semangat dan menjaga semangat untuk berkebun secara hidroponik.

Dengan sharing dengan sesama anggota komunitas hidroponik akan menimbulkan semangat. Semangat ini bisa didapatkan dari pelatihan atau dari informasi teman-teman yan sukses melaksanakan budidaya hidroponik, misalnya ada teman anda yang sukses kerjasama dengan supermarket terkenal untuk memasok sayuran hidroponik, tentunya khan menimbulkan kesemangatan bagi anda untuk bisa sukses seperti teman tadi. Semangat inipun akan semakin terbangun seiring dengan seringnya komunikasi dengan teman-teman sesama anggota. Termasuk juga apabila anda mempunyai inovasi yang dihargai anggota, ini akan menambah kesemangatan anda untuk terus dan terus melakukan inovasi.

  1. Menjadi lebih kreatif dan inovatif

Anggota komunitas akan lebih kreatif dan inovatif. Banyak temuan-temuan baru tentang cara bertanam dengan teknik hidroponik dan nutrisi hidroponik. contoh: budidaya hidroponik dengan memanfaatkan barang bekas air mineral, gallon air minum, sterofoam bekas wadah elektronik, sterofoam kulkas, dan banyak lagi inovasi-inovasi yang dikembangkan oleh anggota yang bisa kita adopsi dan copy dan duplikasi.

  1. Mendapatkan solusi tentang masalah hidroponik dengan mudah

Apabila anda mendapatkan masalah tentang hidroponik yang disebabkan oleh hama dan penyakit tanaman atau tentang masalah nutrisi bisa anda konsultasikan dengan mudah. Foto kondisi tanaman kemudian diupload atau memasang status tentang permasalahan di media social maka anda akan dibantu solusinya oleh anggota komunitas secara beramai-ramai, karena biasanya permasalahan yang sama juga pernah dialami anggota.

  1. Mudah mendapatkan sarana produksi hidroponik

Sebelum ada komunitas orang yang tertarik dengan hidroponik akan bingung mencari sarana dan prasarana hidroponik, Kalaupun ada tentunya kapasitasnya besar untuk pengusaha hidroponik. Komunitas hidroponik akan dilengkapi dengan koperasi yang menjual sarana produksi (saprodi) khusus untuk budidaya hidroponik. penjualan saprodi ini bisa secara offline dan juga bisa secara online. Tau khan sekarang ini zamannya khan toko online, anda akan mendapatkan saprodi hidroponik secara online dengan mudahnya. Sekarang ini banyak yang memilih mendapatkan saprodi secara online dari pada offline dengan alasan lebih praktis dan tidak terlalu ribet.

  1. Mendapatkan informasi pasar dan pemasaran produk hidroponik

Anggota komunitas yang sudah melaksanakan budidaya hidroponik dan sudah berhasil tentu akan memikirkan tentang pemasarannya. Padahal pasar hidroponik sendiri selama ini masih di supermarket atau hypermarket. Untuk menjadi pemasok di pasar modern tersebut tentunya tidak mudah loh perlu menjalin kerjasama dengan distributor atau perantara yang menjadi pemasok. Disinilah peran komunitas hidroponik dibutuhkan untuk menghubungkan antara anggota dengan anggota yang lainnya yang profesinya sebagai pemasok sayuran atau menjalin kemitraan usaha dengan pemasok-pemasok besar. Keberhasilan bagi pengusaha hidroponik adalah ketika dia bisa menjual produknya dan diterima oleh pasar dengan baik.

Demikian sekilas tentang 7 keuntungan bergabung dengan komunitas hidroponik, kalau kurang banyak manfaatnya silahkan ditambahi lagi ya. Semoga tulisan ini bermanfaat. SEMOGA SUKSES HIDROPONIK INDONESIA.

2 komentar tentang “7 Keuntungan Bergabung Dalam Komunitas Hidroponik”

  1. Maryono says:

    Ass.Wr.Wb.
    Saya tinggal dan bekerja di Jakarta. Saat ini sedang menyiapkan rencana program CSR di perusahaan saya utk pemberdayaan masyarakat (urban farming).
    Saya ingin diskusi terkait rencana ini tentu akan berlanjut ke program kerjasama yg lebih luas.
    Ada nggak ya yg di sekitaran Jakarta bisa share dengan saya…
    Terima kasih…

    Maryono
    yonn64@gmail.com

Leave a Reply

Kartono Net
Sugihwaras - Kalitengah - Lamongan Jawa Timur (62255)
Phone 082131369461
Copyright © 2016