Home » berita pertanian » Camat Kalitengah Canangkan Gerakan Tanam 5.000 Pohon Pisang Mas Kirana

Camat Kalitengah Canangkan Gerakan Tanam 5.000 Pohon Pisang Mas Kirana

Feb
10
2018
by : admin . Posted in : berita pertanian, Bisnis, Pertanian

Camat Kalitengah Canangkan Gerakan Tanam 5.000 Pohon Pisang Mas Kirana

Pada tanggal 26 April 2017 Camat Kalitengah mencanangkan Gerakan Tanam 5.000 Pohon Pisang Mas Kirana. Gerakan tanam 5.000 pohon pisang ini dilaksanakan di Desa Kalitengah Kecamatan Kalitengah Kabupaten Lamongan, di lahan bengkok  Desa Kalitengah seluas 0,5 Ha. Lokasi Penanaman inilah yang akan menjadi pilot project penanaman Pisang mas Kirana di Kecamatan Kalitengah. Gerakan tanam ini selanjutnya diikuti penanaman di 20 Desa di Kecamatan Kalitengah. Program pengembangan pisang mas kirana ini adalah program swadaya dari Camat Kalitengah, UPT Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan dan Kepala Desa Se-wilayah Kecamatan Kalitengah Kabupaten Lamongan.

Dalam acara gerakan tanam 5.000 Pohon pisang mas kirana Kecamatan kalitengah ini akan diisi penanaman secara simbolis oleh Kepala SDM Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan, Bapak Camat Kalitengah, Bapak Danramil Kecamatan Kalitengah, Bapak Kapolsek Kalitengah, Ketua MUI, ketua DMI, ketua organisasi, Ketua tim penggerak PKK Kecamatan beserta anggota dan tokoh masyarakat Kecamatan Kalitengah. Turut hadir dalam gerakan penanaman 5.000 pisang mas kirana ini Gabungan Kelompok Tani yang tergabung dalam asosiasi Gapoktan “Sumber Makmur”, Kelompok Tani, Kelompok Wanita Tani dan masyarakat Desa Kalitengah dan Sekitarnya. Acara gerakan tanam 5.000 pisang mas kirana ini dihadiri sekitar 500 orang dari lapisan masyarakat kalitengah.

Harapan dari Bapak Camat Seperti halnya filosofi Pisang itu sendiri yang tidak akan mati sebelum berbuah. yang menjadi keharusan dan tantangan tersendiri dari Bapak Camat Kalitengah untuk menghadirkan inovasi yang bermanfaat, yang bisa meningkatkan taraf perekonomian Kecamatan Kalitengah.

Gerakan tanam 5.000 Pohon pisang mas kirana ini dicetuskan oleh Bapak Camat Kalitengah yang menginginkan Kecamatan Kalitengan mempunyai Icon atau Branding Tertentu yaitu pisang mas kirana. Tanaman pisang mas kirana ini ini diharapkan menjadi andalan sebagaimana program pemerintah One Village One Produk (OVOP). Niat baik dari Bapak Camat Kalitengah tersebut di aktualisasikan oleh UPT Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kecamatan Kalitengah dengan mendatangkan motivator pertanian dari Joglo Tani Yogyakarta Bapak T.O Suprapto. Dalam acara Motivasi dan Pelatihan tersebut dibakarlah semangat dari petani se-Kecamatan kalitengah untuk menjadikan Kecamatan Kalitengah mejadi Kecamatan Pisang Mas Kirana di Kabupaten Lamongan. Bahkan dalam acara tersebut muncul tepuk pisang mas yang dikarang oleh Bapak T.O Suprapto dari Joglo Tani Yogyakarta. Berikut ini lirik 3 kali tepuk pisang mas: Prok…Prok…2x Jos, Prok…Prok….2x Jos, Prok…Prok 2x Jos…jos…jos.

Dalam pencanangan gerakan tanam 5.000 pohon pisang mas kirana ini merupakan awal dari program branding kecamatan kalitengah. Apabila berhasil, maka tahun 2018 program ini akan terus dikembangkan. Untuk mencapai keberhasilan dibuatlah grand strategi pengembangan Pisang Mas Kirana oleh Tim UPT Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan. Adapun strategi pengembangan tersebut sperti berikut ini:

  1. Penggadaan bibit 5.000 pohon pisang mas kirana secara swadaya yang didatangkan dari Kabupaten Lumajang,
  2. Gerakan Tanam 5.000 pohon pohon pisang mas kirana tanggal 26 April 2017
  3. Pembuatan Pilot Project seluas 0,5 Ha di Desa Kalitengah, Kecamatan Kalitengah
  4. Pembuatan SOP Budidaya Pisang Mas Kirana di Kecamatan Kalitengah.
  5. Pembuatan Lab Mini Penyedia agens Hayati di Kelompok Wanita Tani Tunas Mandiri Desa Kalitengah.
  6. Penyuluhan dan pendampingan petani dalam budidaya pisang mas kirana
  7. Membangun Kemitraan pemasaran dengan pengusaha
  8. Pengolahan Pisang Mas Kirana

diharapkan 1 tahun kedepan, yaitu awal tahun 2018 pisang mas kirana yang ditanam akhir april 2017 ini sudah bisa dirasakan hasilnya. Tentunya untuk mencapai keberhasilan program branding pisang mas Kecamatan Kalitengah untuk Lamongan dan Kalitengah untuk Indonesia perlu dukungan dari semua pihak, baik dari Dinas terkait, UPT, Kepala Desa, perangkat desa, gapoktan, poktan dan petani diwilayah kalitengah.

Leave a Reply

Kartono Net
Sugihwaras - Kalitengah - Lamongan Jawa Timur (62255)
Phone 082131369461
Copyright © 2016