Home » Pertanian » Cara Mengendalikan Hama Wereng Dengan Asap Cair

Cara Mengendalikan Hama Wereng Dengan Asap Cair

Mar
16
2016
by : admin . Posted in : Pertanian

Cara Mengendalikan Hama Wereng Dengan Asap Cair

 

Asap Cair tempurung kelapa yang diproduksi dari hasil pembakaran atau proses pirolisis tempurung kelapa/batok kelapa ternyata dapat digunakan untuk pengendalian hama wereng. Ini menjadi salah satu alternative pengendalian wereng yang patut untuk dicoba. Selain pengendalian hama dengan mengggunakan pestisida kimia, banyak yang mengembangkan pestisida alternative untuk mengendalikan hama wereng yang merajalela. Termasuk pengembangan pestisida nabati dengan menggunakan bahan alam yang ada disekitar lingkungan kita. Beberapa tahun terakhir juga berkembang pemanfaatan agens hayati Beauveria bassiana yang banyak terbukti bisa mengendalikan hama wereng asalkan sesuai dengan cara pemakaian yang tepat.

cara membuat asap cair

Hama wereng merupakan hama utama pada tanaman padi ini. Bisa dikatakan menjadi musuh nomor 1 bagi petani. Bagaimana tidak? Lahan yang terserang wereng bisa mengalami kegagalan panen yang cukup parah, Bahkan bisa sampai rusak total, tidak panen sama sekali. Jelas hal ini sangat merugikan petani padi.

Pemanfaatan asap cair untuk mengendalikan hama wereng ini sebagai alternative pengendalian alami bukan untuk memusnahkan wereng. Penggunaan pestisida kimia untuk mengendalikan hama wereng bukan solusi tuntas, hama wereng mati dan tidak ada masalah lagi. Penggunaan pestisida kimia yang berlebihan akan mematikan wereng dan juga musuh alami dari jenis predator dan juga jenis parasitoid. Apabila ada wereng yang resisten/tahan terhadap insektisida kimia tertentu dan bisa berkembang, maka akan terjadi efek lanjutan yaitu ledakan hama wereng karena predator di alam sedikit. Karena resistensinya maka biasanya petani meningkatkan dosis insektisida yang selanjutnya bisa menyebabkan penumpukan residu bahan kimia pada hasil pertanian dan menyebabkan keracunan terhadap organisme yang ada disekita.

Pemanfaatan asap cair ini diinspiirasi dari hasil study banding di Joglo Tani Yogyakarta yang kemudian kami uji coba untuk pengendalian wereng di wilayah UPT Dinas Pertanian dan Kehutanan Kecamatan Kalitengah. Untuk membuat asap cair tempurung kelapa  anda dapat membaca artikel di kartono dot net dengan judul Cara membuat asap cair dari tempurung kelapa.

Untuk membuat pestisida asap cair tempurung kelapa anda harus mempunyai alat pembuat asap cair minimal terbuat dari drum bekas minyak. Diperlukan 4 bagian yaitu drum pembakaran, pipa penyalur asap, drum pendingin (kondensator) dan bak penampung asap cair. Tempurung kelapa dimasukkan dalam drum pembakaran, dibakar, asap hasil pembakaran akan masuk pipa yang kemudian masuk ke bak pendingin berupa air. Dalam bak pendingin akan terjadi perubahan asap menjadi asap cair dengan proses pengembunan, kemudian asap tersebut ditampung dalam bak penampung.

Kemampuan asap cair sebagai tempurung kelapa untuk mengusir wereng ini karena asap cair memiliki kandungan senyawa bioaktiv antifeedant. Senyawa antifeedant ini merupakan senyawa yang yang dibutuhkan untuk melindungi tanaman padi dari serangan hama wereng dan termasuk system pengendalian secara alami. Proses pengendalian senyawa antifeedant ini lebih bersifat menghambat makan, tidak bersifat membunuh atau menjerat hama wereng. Hama wereng tidak akan memakan tanaman padi karena adanya zat antifeedant ini. Kombinasi senyawa aktifnya juga bersifat mengusir hama wereng. Senyawa asam dan senyawa fenol dan turunannya ini lebih efektif mengendalikan virus tungro yang dibawah oleh hama wereng hijau khususnya. Karena senyawa asam dan fenol mempunyai sifat antibakteri dan antimikroba, sifatnya menghambat pertumbuhan spora jamur, menghambat pertumbuhan bakteri dan virus.

Asap cair tempurung kelapa memang bisa digunakan untuk mengusir hama wereng, tetapi untuk memperkuat aktivitasnya perlu dilakukan pencampuran dengan daun bidara laut dan sidaguri. Sedangkan agar tidak mudah terurai ke udara ditambahkan getah cocor bebek attau lidah buaya sebagai perekat.

Aplikasi pengendalian wereng dengan asap cair dengan cara mencampurkan 20 ml ramuan asap cair dengan daun sidaguri dan bidara laut, sekitar 250-500 ml asap cair per tangki semprot (knapsack sprayer ukuran 14 liter). Kapan penyemprotannya?, penyemprotannya hanya dilakukan ketika ada serangan hama wereng pada tanaman padi anda. Anda tidak perlu melakukan penyemprotan rutin. Berdasarkan percobaan di Joglo tani 250 ml asap cair dapat digunakan untuk menyemprot tanaman padi dengan luasan 2.000 m2.

Peminat asap cair tempurung kelapa semakin banyak, sebab tidak hanya dapat digunakan untuk mengendalikan hama wereng, tetapi ternyata juga bisa digunakan untuk mengendalikan hama dan penyakit lain seperti penggerek batang, kutu dan berbagai jenis penyakit. Demikian pula dari hasil penelitian kami yang berjudul Pemanfaatan asap cair tempurung kelapa sebagai Pestisida Organik pada Tanaman Pangan dan Hortikultura ternyata asap cair bisa mengendalikan hama ulat dan burung pada tanaman padi dan bisa mengendalikan Aphids dan trips, ulat dan jamur pada tanaman hortikultura.

Karena fungsi dan manfaat asap cair yang luar biasa ini banyak yang sudah mencoba membuktikannya. Mereka menyatakan hasilnya sangat memuaskan. Sebagai contoh PT. Sidomuncul melakukan mitra dengan Joglo Tani dengan memesan 500 liter bio arang sekam per bulan untuk tanaman herbalnya. Termasuk petani binaan dari Joglo Tani di Bali dan DIY masing-masing meminta pasokan 50 liter per bulan.

Pembuatan asap cair ini bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan dan menjadi solusi ditengah mahalnya harga pestisida di pasaran. Saya katakana menjadi peluang bisnis karena peminat asap cair sudah ada, harganya lumayan, biaya proses produksinya termasuk sangat murah, alat untuk produksi asap cair tergolong bisa disiasati dengan harga murah. Bahan baku untuk membuat asap cair merupakan limbah pertanian berupa tempurung kelapa atau batok kelapa, janggel/ tongkol jagung dan sekam padi. Tentunya bahan baku ini sangat melimpah di wilayah anda yang berdomisi di daerah-daerah yang berbasis pertanian. Batok kelapa bisa anda dapatkan Rp. 10.000,- per sak, sekam padi bisa anda dapatkan dengan harga sekitar Rp. 2.000,- sampai maksimal Rp. 5.000,- per sak. Tongkol jagung bisa anda dapatkan hanya dengan harga Rp. 3.000 sampai Rp. 5.000,- per sak. Untuk alat produksi asap cair yang sangat sederhana bisa anda buat dari bahan 2 drum bekas kapasitas 500 ml dan pipa hanya dengan Rp. 500.000,- sudah bisa digunakan. Alat inipun sangat fleksibel karena bisa dipindah tempat dengan diangkat oleh 2 orang, tentunya dalam posisi kosong ya. Tentunya harga-harga yang saya sebutkan ini hanya kisaran harga saja, tidak bisa menjadi patokan utama. Bagi anda yang mempunyai dana yang cukup dan mau merencanakan dengan kapasitas produksi yang besar anda bisa membuat peralatan yang permanen. Tungku pembakaran bisa anda buat dari kontruksi yang mantap, bahan bata tahan api dan drum pendingin dari bahan stainlesstee. Tertarik??? Silahkan anda coba, semoga sukses.

Bagi anda yang menjalankan usaha di bidang pertanian organic dan hidroponik dapat menggunakan asap cair dalam pengendalian hama dan penyakit tanaman yang menyerang tanaman anda. Bagi anda yang mau memproduksi asap cair sendiri dan ingin membuat alat produksi asap cair, kami dari UPT Dinas Pertanian dan Kehutanan Kecamatan Kalitengah, Kabupaten Lamongan siap membantu dan mendampingi sampai proses produksi anda berhasil. Tetapi jika anda membutuhkan asap cair siap pakai silahkan menghubungi kami di nomor +62-857-451-354-15.

satu komentar tentang “Cara Mengendalikan Hama Wereng Dengan Asap Cair”

  1. Andy says:

    Salam Bapak
    Perkenalkan saya Andy dari Sumatra barat
    Kami produsen asap cair Grade 2 dan 3
    Kami siap memproduksi 5000 liter / Bulan

    Harga:
    Grade 3 = 8500 / Liter (diluar ongkir)
    Grade 2 = 25000 / Liter (diluar ongkir)

    Harga bisa nego bagi pemesanan diatas 100 liter

    Order:
    abangbuy@gmail.com
    sms/WA: 082225250844

    Terima kasih 🙂

Leave a Reply

Kartono Net
Sugihwaras - Kalitengah - Lamongan Jawa Timur (62255)
Phone 082131369461
Copyright © 2016