Home » berita pertanian » Desa Kediren Adakan Pelatihan Pertanian Dana Desa

Desa Kediren Adakan Pelatihan Pertanian Dana Desa

Feb
02
2018
by : admin . Posted in : berita pertanian, Pertanian

Desa Kediren Adakan Pelatihan Pertanian Dana Desa 

Mulai Juni – September 2017 Desa Kediren adakan Pelatihan Pertanian Dana Desa. Pelatihan ini sebagai wujud kepedulian Pemerintah Desa agar penduduknya lebih sejahtera dalam sektor pertanian. Pemanfaatan dana desa disektor pemberdayaan masyarakat tahun 2017 ini di Desa Kediren di Fokuskan pada Pelatihan Pertanian berupa pelatihan regu tanam jajar legowo dan kajian varietas dan jarak tanam jajar legowo. Pelatihan Pertanian Dana Desa di Desa Kediren ini merupakan yang pertama diadakan di wilayah Kecamatan Kalitengah Lamongan.

Pelatihan pertanian dana desa  ini dimulai dengan penyuluhan masal yang diadakan di Balai Desa Kediren awal bulan Juni sekaligus dibukanya rangkaian kegiatan pelatihan pertanian dana desa tersebut. Hadir sebagai pemateri, KUPT Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Haryo Sunendyo bersama dengan PPL Kalitengah Sudarto, Kartono, Watini dan Rizqi yang turut aktif mendampingi pelatihan ini. Dalam sambutannya, KUPT mengatakan “Teknologi Tanam Sistem Jajar Legowo 2:1 merupakan teknologi pilihan yang digunakan untuk meningkatkan produksi Padi, maka perlu dilakukan pelatihan agar petani dapat mengadopsi teknologi tersebut”.

Pelatihan pertanian dana desa  difokuskan pada penerapan sistem tanam jajar legowo, karena sebagain petani masih ragu dengan penerakan sistem tanam yang tergolong baru ini. Selalu ada pertanyaan dari petani, “apa iya jajar legowo bisa menigkatkan hasil produksi padi”, ada juga yang bilang “waduh pak sayang dengan tanahnya kok dibiarkan kosong, kalau ditanami khan ada hasilnya”, “ pak kalau tanam jarwo itu lama dan ribet”, dan banyak lagi komentar petani. Maka dalam pelatihan pertanian dana desa 2017 membentuk regu tanam, kemudian dilatih cara menanam padi sistem jajar legowo yang benar, sekaligus dilakukan kajian varietas dan jarak tanam jarwo 2:1 agar petani bisa menilai sendiri mana hasil yang baik. Diperkuat oleh Sudarto dalam paparannya yang mengatakan “ Sistem tanam Jajar Legowo 2:1 dengan jarak  tanam 50x25x12,5 cm dapat meningkatkan hasil 2,6 ton per hektarnya dari yang sebelumnya 7 ton per hektar ada potensi bisa meningkat menjadi 9-10 ton per hektarnya.

Dalam pelatihan pertanian dana desa  ini mengundang sekitar 40 Anggota kelompok tani Sumber Mulyo dan Kelompok Wanita Tani yang bertugas sebagai regu tanam. Kenapa regu tanam?, ya karena dari awal permasalahn utama tanam jajar legowo itu pada pasukan/ regu tanam yang belum trampil atau menganggap masih terlalu suit untuk dilaksanakan. Menurut Ketua Kelompok Tani, Mujahidin yang juga pemilik sawah tempat kajian mengatakan “sangat senang dengan adanya pelatihan pertanian ini, karena biar petani mengerti cara tanam jajar legowo yang betul dan juga mengerti varietas apa yang bisa menghasilkan produksi padi yang tinggi”.

Masuk sebagai materi pelatihan pertanian yaitu pembuatan persemaian padi dengan sistem tertutup. Tak tanggung-tanggung Camat Kalitengah Suwignyo ikut turun ke Sawah melihat langsung pelaksanaan pembuatan persemaian tertutup dan memberikan pesan semangat kepada petani di Desa Kediren “Petani kalitengah harus selalu berinovasi untuk meningkatkan hasil pertanian, salah satunya seperti mencoba persemaian tertutup ini”.

 

Leave a Reply

Kartono Net
Sugihwaras - Kalitengah - Lamongan Jawa Timur (62255)
Phone 082131369461
Copyright © 2016