Home » Pertanian » Inilah Pisang Mas Kirana, Kecil Bentuknya Mantap Rasanya

Inilah Pisang Mas Kirana, Kecil Bentuknya Mantap Rasanya

Apr
26
2017
by : admin . Posted in : Pertanian, Umum

Inilah Pisang Mas Kirana, Kecil Bentuknya Mantap Rasanya

 

Pisang Mas Kirana merupakan salah satu jenis pisang mas yang menjadi andalan dan sekaligus menjadi Icon Kota Lumajang. Ya kota lumajang memang kota yang terkenal dengan produk andalan pisang. Ketika anda masuk Kabupaten lumajang setelah terminal Lumajang anda akan melihat patung pisang tanduk yang sangat besar. Pisang tanduk ini jenis pisang yang besar, kalau pisang mas ini jenis pisang yang kecil. Inilah pisang mas kirana, kecil bentuknya mantap rasanya.

Di Kabupaten lumajang pisang mas kirana dikembangkan secara besar-besaran. Luasannya hampir mencapai 500 Ha lebih. Perkebunan pisang mas kirana yang terbesar dikembangkan oleh beberapa perkebunan baik milik perusahaan atau milik perorangan. Sebagian lagi dikembankan oleh petani-petani di daerah Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang. Pertengah bulan April saya berkesempatan melihat perkebunan Pisang Mas Kirana di Kabupaten Lumajang dan juga berkesempatan mencicipi pisang mas kirana. Ternyata inilah pisang mas kirana, kecil bentuknya mantap rasanya. Rasanya sungguh sangat sensasional lembut, manis, dan ada rasa yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata.

 

Sepanjang perjalanan saya masuk ke Kecamatan Senduro hampir tiap rumah menanam pisang mas kirana. Ketika saya berhenti sholat di Masjid di Kecamatan Senduro saya juga melihat di belakang masjid banyak tanaman pisang mas kirana. Saya juga ber selfi ria dengan artis yang saya cari belakang ini, bukan artis sinetron loh tapi PISANG MAS KIRANA. Begitu pula ketika saya mampir di UPT Dinas Pertanian Kecamatan Senduro saya pun melihat di belakang kantor di depan mess karyawan banyak tanaman pisang mas kirana.

 

Pisang mas kirana yang pernah di kunjungi oleh Presiden Bambang Susilo Yudhoyono ini, begitu terkenal di Lumajang dan juga terkenal ditingkat Nasional. Inilah pisang mas kirana, kecil bentuknya mantap rasanya yang mengusik hati saya, bisa nggak ya kira-kira pisang mas kirana di kembangkan di Kecamatan Kalitengah Kabupaten Lamongan?. Saya berkeyakinan, BISA!!! karena di seluruh wilayah Kecamatan Kalitengah Kabupaten Lamongan, tanaman pisang sangat tumbuh dengan baik dan hasilnya pun sangat lumayan sebagai penghasilan tambahan. Walaupun pisang selama ini hanya ditanam di Pematang tambak dan pekarangan tetapi bisa menghasilkan pendapatan tambahan bagi yang besar bagi petani. Karena tanaman pisang ini tanam sekali panen berkali-kali.

 

Pisang mas kirana yang menjadi ciri khas Kabupaten Lumajang ini akan dikembangkan besar-besaran di kecamatan Kalitengah Kabupaten Lamongan dengan mengadakan gerakan tanam 5000 pohon pisang mas kirana oleh Camat Kalitengah bersama dengan UPT Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan serta Kelompok Tani yang diadakan pada tanggal 26 April 2016 tepatnya di Desa Kalitengah Kecamatan Kalitengah, yang kemudian dikembangkan di seluruh kecamatan kalitengah baik wilayah Utara maupun selatan.

 

Inilah pisang mas kirana, kecil bentuknya mantap rasanya akan dirasakan masyarakat Kecamatan Kalitengah tahun 2018. Karena pisang mas kirana yang berumur 8 bulan ini, apabila ditanam akhir bulan April, maka perkiraannya bisa dipanen pada bulan Januari 2018. Diharapkan Pisang Mas Kirana akan menjadi Brand Kecamatan Kalitengah, menjadi salah satu unggulan Kecamatan dan menjadi destinasi wisata agro di Kabupaten Lamongan.

 

Program pengembangan pisang mas kirana ini merupakan salah satu program yang sinergi dengan Green & Clean Kabupaten lamongan, karena akan menjadi salah satu komoditi andalan untuk mengisi pekarangan-pekarangan milik masyarakat yang selama ini banyak yang kosong dan terbengkalai.

Leave a Reply

Kartono Net
Sugihwaras - Kalitengah - Lamongan Jawa Timur (62255)
Phone 082131369461
Copyright © 2016