Home » Bisnis » Kebun Teh Jamus Wisata Andalan Kabupaten Ngawi

Kebun Teh Jamus Wisata Andalan Kabupaten Ngawi

Dec
28
2017
by : admin . Posted in : Bisnis, Pertanian, Umum, Wisata

Kebun Teh Jamus Wisata Andalan Kabupaten Ngawi

Kalau anda dari luar daerah Ngawi bertanya kepada masyarakat Ngawi “Mana ya kebun teh Jamus itu?”, hampir 90 persen sudah tahu arahnya. Ya… Kebun Teh Jamus Wisata Andalan Kabupaten Ngawi, yang terletak di Dusun Jamus, Desa Girikerto, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi. Untuk mencapai Kebun Teh Jamus hanya dibutuhkan waktu sekitar 1 jam dari pusat kota Ngawi.

Kebun Teh Jamus merupakan wisata pegunungan atau wisata daerah dingin yang paling diidolakan masyarakat Ngawi. Wisata berbasis tanaman teh (camelia Sinensis) ini bisa diibaratkan wilayah puncaknya Kabupaten Ngawi. Kalau orang Jakarta, Bogor, dan sekitarnya saat weekend liburannya ke puncak untuk menikmati kaindahan pegunungan dan perkebunan teh disana, maka Kebun Teh Jamus ini juga merupakan destinasi wisata rangking 1 di wilayah Kabupaten Ngawi, Kabupaten Madiun, Kabupaten Sragen dan sekitarnya. Walaupun Ngawi sudah banyak memiliki Wisata seperti Benteng Van Den Bosch, Air Terjun Pengantin, Air Terjun Srambangan, Monumen Soerjo, Taman Wisata Tawun, Taman Candi Ngawi, Wisata Watu Jonggol, Museum trinil dan banyak wisata lain di Kabupaten Ngawi, tetapi masih banyak yang menetapkan pilihannya ke Kebun Teh Jamus.

Sudah diketahui bersama bahwa Kebun Teh Jamus Wisata Andalan Kabupaten Ngawi. Tiap hari kebun teh jamus tidak sepi pengunjung, apalagi pada saat weekend dan hari libur. Pada hari libur nasional atau hari besar pengunjung Agrowisata Jamus mencapai ribuan orang dalam 1 harinya, dan jumlah ini meningkat funtastic pada saat tahun baru dan libur hari raya idul fitri. Jumlah pengunjung pada hari raya  mencapai puluhan ribu orang. sudahkah anda berkunjung ke kebun teh jamus?.

Kebun Teh Jamus terletak di lereng Gunung Lawu sebelah utara yang mendapatkan sinar matahari sepanjang tahun. Kebun Teh Jamus bisa dicapai 45 km dari kota Ngawi dan 240 km dari Surabaya. Hamparan tanaman teh (camelia Sinensis) di kebun teh hijau menjadi daya tarik yang  eksotis, dengan lahan seluas 478 ha,  dengan ketinggian lokasi sekitar 800 -1200 m di atas permukaan laut (dpl). Tanaman teh di Kebun Teh Jamus merupakan tanaman tua yang sudah berumur lebih dari 100 tahun yang ditanam pada saat penjajahan Belanda. Tanaman ini dilestarikan sampai sekarang dan menjadi keunggulan tersendiri dari Kebun Teh Jamus. Walaupun tanaman tehnya tergolong tanaman tua, tetapi dengan perawatan dan pemeliharaan yang baik masih bisa menghasilkan daun teh yang berkualitas.

Untuk mencapai kebun teh jamus bisa ditempuh dengan kendaraan Sepeda Motor, Mobil, Elph, Bis Mini dan Juga Kendaraan umum. Karena jalannya berbelok-belok dan banyak tanjakan terjal, mengendarai Sepeda motor sangat direkomendasikan, karena bisa bebas hambatan. Tetapi karena sekarang jalan menuju Kebun Teh Jamus dari Ngrambe sampai Kolam renang Sumber Lanang sudah diperbaiki dan dilebarkan, hampir semua kendaraan diatas bisa dipakai untuk pergi ke Kebun Ten Jamus. Tetapi tetap disarankan untuk hati-hati selama perjalanan, karena kondisi jalan masih berbelok-belok dan banyak turunan dan tanjakan yang sedikit ekstreem. Untuk yang menggunakan kendaraan umum bisa naik bis, tetapi hanya sampai di Kecamatan Ngrambe saja. Untuk sampai ke puncak Kebun Teh Jamus masih harus naik ojek sekitar 30 menit lagi.

Menuju Kebun Teh Jamus Wisata Andalan Kabupaten Ngawi ini bisa melalui 4 jalur  utama yaitu:

  • Untuk yang dari wilayah Magetan, Madiun dan Ponorogo bisa lewat Jalur Kendal – Jogorogo – Ngrambe – Jamus. Jalur ini hanya kendaraan pribadi dan mobil sewaan saja yang bisa melintas, karena tidak dilewati bis umum.
  • Untuk yang dari wilayah Madiun, Nganjuk, Bojonegoro atau wilayah timur lainnya bisa melewati Jalur Ngawi Kota – Terminal Ngawi – Paron – Jogorogo – Ngrambe – Jamus. Untuk jalur ini dilewati kendaraan umum bis mini, tetapi hanya jam-jam sibuk saja, kalau sudah diatas jam 3 biasanya sudah tidak ada.
  • Untuk yang dari arah barat : Sragen, Solo  atau dari arah timur: Surabaya, Madiun, Nganjuk, Bojonegoro, bisa melalui jalur Terminal Gendingan ke Selatan terus sampai pasar Ngrambe. Untuk wilayah barat bisa belok kanan sebelum terminal gendingan. Untuk wilayah timur, dari terminal Ngawi, terus ke barat sampai ke terminal gendingan, kemudian belok kiri terus sampai pasar Ngrambe. Dari Ngrambe bisa langsung ke Jamus, ada papan nama penunjuk arah menuju ke Kebun Teh Jamus. Jalur ini termasuk jalan utama. Lewat jalur ini bisa naik kendaraan umum bis mini dari Terminal Ngawi sampai Pasar Ngrambe, atau bisa naik Bis umum jurusan Solo Jogja turun di terminal gendingan, naik bis mini ke pasar Ngrambe.
  • Untuk Jalur ini merupakan jalur alternatif dari Sragen, Solo, Karanganyar, Jogja lewat pom bensin-Pasar Ngondang-Pasar Sine-Jamus (belok kanan). Jalur ini tidak bisa menggunakan kendaraan besar (bus besar), karena merupakan jalur alternatif, jalannya tergolong kecil.

Banyak jalan menuju ke Kebun Teh Jamus Wisata Andalan Kabupaten Ngawi ini, kalau kesasar tanya saja mana arah ke Jamus, akan ditunjukkan arahnya, yang penting tanyanya dengan lemah lembut dan sopan loh yaa.

Dari Ngrambe menuju Kebun Teh Jamus anda akan disambut dengan papan nama penunjuk arah yang bisa dibaca dengan jelas “AGROWISATA JAMUS”. Ikuti saja jalan tersebut terus ke selatan, tetap hati-hati jalanan sedikit menanjak dan terus menanjak. Apabila menggunakan kendaraan sepeda motor gunakan gigi satu atau gigi dua, mengikuti kondisi jalan. Selama perjalanan menuju Kebun Teh Jamus, anda akan disuguhi pemandangan depan gunung Lawu, kalau tidak kabut akan terlihat jelas. Kiri kanan jalan terdapat hamparan sawah yang tersusun secara terasiring yang ditanami beberapa jenis tanaman tertentu, ada padi, jagung, ubi jalar, cabe, kobis, Sawi, Tomat dan jenis tanaman lain.

Apabila anda mencapai Papan Nama “Masuk Desa Girikerto”, maka anda sebentar lagi akan sampai tujuan, karena jamus ini masuk wilayah Desa Girikerto. Kalau sudah sampai Desa Girikerto turunkan kecepatan kendaraan anda dan masukkan pada gigi satu, karena jalan sudah mulai menanjak agak terjal. Masuk Kebun Teh Jamus anda diharapkan berhenti sejenak di Pos Penjagaan untuk membayar tiket masuk yang murah meriah. Selanjutnya bisa melanjutkan perjalanan. Dikiri kanan anda akan disuguhi pemandangan hijaunya tanaman teh dan udara yang sudah mulai dingin. Jangan lupa gunakan jaket nuntuk jaga-jaga apabila terjadi hawa dingin atau saat turun kabut. Karena kondisi cuaca tidak dapat diprediksi, kadang-kadang cerah,lalu mendadak turun kabut.

Sampai di Jamus anda akan setuju dengan pendapat saya bahwa Kebun Teh Jamus Wisata Andalan Kabupaten Ngawi. Karena anda bisa menikmati keindahan panorama dan kesejukan suasana di Jamus. Selain itu banyak Wisata di Kebun Teh Jamus yang bisa dikunjungi oleh wisatawan, ada 9 lokasi yang bisa anda kunjungi, diantaranya:

PLTMH

Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) ini merupakan program kemandirian energi di Kebun Teh Jamus sehingga tidak banyak tergantung ndari pemerintah, seperti halnya program Bapak Presiden RI Joko Widodo saat ini yang mengalakkan mandiri energi.

PLTMH merupakan sumber energi terbarukan, yang tidak akan pernah habis selagi aliran air tetap lestari. Makanya untuk mencapai tujuan tersebut Kebun teh jamus tetap melestarikan alam dan lingkungan termasuk tetap mempertahankan tanaman teh tua.

PLTMH bisa menjadi wisata edukatif bagi pelajar dan mahasiswa. Beberapa hal yang bisa dipelajari di PLTMH ini adalah:  Manfaat dan kegunaan PLTMH,  cara kerja PLTMH, tentang energi alternatif, dan  sistem komputerisasi  pada pembangkit listrik tenaga mikrohidro tersebut.

Dari sumber mata air sumber lanang, yang dimodifikasi dengan sistem teknologi modern , PLTMH 1 ini bisa menghasilkan 100 KVA. Energi sebesar ini bisa digunakan untuk menghidupkan mesin di pabrik pengolahan teh. Apabila dibandingkan dengan BBM solar, sangat-sangat menguntungkan memakai PLTMH. Walaupun biaya pembuatan PLTMH ini tergolong besar tetapi apabila dikalkulasi dan dibandingkan dengan pemakaian BBM, maka dalam waktu 3 tahun akan mencapai BEP.

Akhir tahun 2017 ini pihak PT. Candi Loka Kebun Teh Jamus akan meresmikian PLTMH ke-2 yang menghasilkan daya yang tidak jauh beda dengan PLTMH 1. PLTMH ini akan mencukupi kebutuhan di Kebun Teh Jamus termasuk untuk mencukup kebutuhan listrik bagi masyarakat Dusun Jamus. Dengan energi listrik dari tenaga air ini, diharapkan dalam operasional pabrik dan perkantoran di Kebun Teh Jamus sudah tidak menggunakan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan kayu lagi, semua berbasis energi listrik mandiri.

 

Grojokan Songo Tuk Pakel

Grojokan Songo Tuk Pakel merupakan grojokan atau air terjun buatan yang terdiri dari 9 tingkatan. Grojokan songo ini terletak di jalan masuk perkampungan Jamus tepatnya masuk wilayah Tuk Pakel. Setelah melewati lapangan sepak bola, 100 meter lagi akan menikmati indahnya Grojokan Songo Tuk Pakel.

Walaupun air terjun buatan, Grojokan Songo Tuk Pakel ini sangat menawan keindahannya, kalau zaman sekarang bisa dijadikan sebagai tempat berselfie ria. Grojokan atau air terjun mini ini sumber airnya berasal dari Sumber Air Sumber Lanang yang berada diatas bukit sebelah kolam renang. Grojokan songo ini memiliki aliran air sepanjang 25 meter dengan lebar 3 meter yang dihiasi dengan batuan Jamus yang menambah kesan alami.

Digrojokan Songo dilengkapi dengan Gazebo sebagai tempat istirahan dan menikmati gemericik air dari grojokan songo tuk pakel ini. Disini pengunjung bisa melakukan kegiatan santai-santai, bermain air, selfie dengan teman-teman, atau sekedar mengagumi keindahannya.

Grojokan Songo Tuk Pakel merupakan Wisata pertama yang bisa dikunjungi. Dan merupakan Wisata selamat datang yang melambangkan keindahan dan kesejukan. Kalau anda belum puas atau masih harus mengabadikan moment yang kurang, pada saat pulang juga bisa mampir lagi ke Grojokan Songo Tuk Pakel ini.

 

Pembibitan Tanaman Teh dan Kayu

Pembibitan tanaman teh dan tanaman kayu ini dilakukan dalam upaya untuk menjaga populasi tanaman dan menambah jumlah populasi tanaman. Setiap tahunnya pada musim penghujan bibit-bibit ini akan ditanam diseluruh areal kebun teh jamus sebagai upaya untuk menambah populasi. Mengganti tanaman yang mati dan menanami lahan-lahan kosong yang masih berpotensi. Dalam satu tahunnya bibit yang dikeluarkan bisa mencapai puluhan ribu, bahkan ratusan.

Upaya penanaman pohon ini dilakukan secara kontinu dan sepanjang tahun, sehingga semua lahan di kebun teh jamus ini bisa ditanami. Upaya ini menghasilkan prestasi yang membanggakan, yaitu mendapatkan penghargaan Kalpataru dari Pemerintah Republik Indonesia dala bidang pelestarian lingkungan.

Pembibitan tanaman teh dan tanaman kayu ini bisa menjadi wisata edukatif bagi berbagai kalangan masyarakat. Mulai dari  PAUD, SD, SMP, SMA, Perguruan tinggi dan masyarakat umum. Buktinya sudah banyak yang telah melakukan study banding, pelatihan atau Praktek Kerja Lapangan. Ternyata banyak wisata edukatif yang bisa dilaksanakan diantaranya:

  • Belajar mengenal berbagai macam varietas/klon teh
  • Belajar cara pembibitan tanaman teh
  • Belajar cara pembuatan pupuk organik
  • Belajar cara membuat formulasi media tanam yang ideal
  • Belajar cara pemeliharaan bibit tanaman teh sampai siap ditanam di Kebun
  • Belajar cara menanam tanaman teh.
  • Belajar cara menyetek tanaman teh dari pohon induknya

 

 

 

Pabrik Teh Jamus

Pabrik Teh Jamus merupakan pabrik pengolahan teh hijau yang berdiri sejak zaman penjajahan Belanda. Bangunan dan mesin pengolahan banyak yang lama dan tetap bisa beroperasi dengan baik. Sekarang pabrik ini dikelola oleh PT. Candi Loka Kebun Teh Jamus. Pabrik pengolahan teh ini berlokasi di Dusun Jamus, Desa Girikerto, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi tepatnya berada ditengah-tengah lokasi perkebunan Teh.

Di Pabrik Pengolahan Teh inilah proses dari hulu sampai hilir berjalan dengan lancar. Proses pengolahan dimulai dengan penerimaan pucuk teh, pelayuan dengan udara panas, penggulungan daun, pengeringan daun tahap I, Pengeringan daun tahap II, Sortasi, Grading sampai pengemasan teh dalam wadah karung untuk dijual ke pabrik pengolahan teh lebih lanjut.

Pucuk Teh diolah lebih lanjut di pabrik ini, kemudian akan menjadi teh hijau dengan berbagai mutu produk, diantaranya: Teh Hijau Peko Super Kecil (PSK), Teh Hijau Peko Super Besar (PSB), Teh Hijau Kemping, dan teh hijau dust. Teh hijau PSK dan PSB akan dijual dalam bentuk kemasan dengan berbagai merk terkenal seperti Teh Hijau Jamus, Teh hijau cap pohon Korma. Teh hijau kempring akan diolah lebih lanjut menjadi teh rasa kopi dan diolah menjadi teh wangi dengan tambahan melati. Untuk teh putih tidak masuk pabrik pengolahan ini, karena teh putih hanya dengan mengambil pucuk teh berbentuk jarum yang jemudian di keringkan dengan suhu tertentu dengan mesin pemanas khusus baru kemudian di kemas. Teh hijau berbagai jenis mutu tersebut akan dijual ke beberapa perusahaan teh di seluruh Indonesia, diantaranya ke pebrik pengolahan teh di Solo, Pekalongan, Nganjuk, Bandung, dan banyak daerah lain.

Energi yang digunakan untuk pengolahan  teh berasal dari Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH), yang merupakan milik PT. Candi Loka sendiri. Untuk proses pelayuan dan pengeringan masih menggunakan bahan bakar berupa kayu. Tetapi lambat laun karena kelangkaan bahan bahan bakar kayu, maka akan dimaksimalkan penggunaan listrik dari PLTMH. Yang mana ini tergolong sumber energi terbarukan.

Di Pabrik pengolahan teh Jamus ini, pengunjung bisa melaksanakan wisata edukatif berupa: belajar cara pengolahan teh jamus, belajar system alat dan mesin pengolahan, belajar tentang quality control, belajar tentang cara grading atau pemilihan teh berdasarkan mutunya dan  belajar cara pengemasan teh jamus.

 

Bumi Perkemahan Kantil Idaman

Di Kebun Teh Jamus tersedia Bumi Perkemahan yang diberi nama “KANTIL IDAMAN”, unik yya namanyaa, mungkin ada yang bertanya namanya kok aneh dan hororr ya seperti nama bunga kantil. Ya betul, nama bumi perkemahan ini diambil dari nama bunga kantil yang ada dibumi perkemahan ini. Perlu diketahui bahwa bumi perkemahan inni terletak dibawah 3 pohon kantil raksasa yang sangat rindang yang berusia lebih dari 100 tahun, bagaimana tidak tanaman ini sudah ada sejak tahun 1881 saat zaman penjajahan Belanda dulu. Pohon ini sekarang berdiameter lebih dari 1 meter loh, buktikan sendiri dengan merangkulnya, niscaya tangan anda tidak bisa sampai.

Bumi Perkemahan Jamus “Kantil Idaman” ini kami rekomendasikan sebagai lokasi outbond dan perkemahan. Karena lahannya luas sekitar 0,7 hektar, viewnya bagus langsung bisa melihat pemandangan dibawah Jamus, dan ternyata bisa menampung hingga 400 peserta kemah.

Tidak seperti bumi perkemahan lainnya, disini dilengkapi dengan sarana-prasarana yang memadai seperti Masjid dan yang terpenting dilengkapi Kamar Mandi yang banyak sekitar lebih dari 10 Kamar Mandi dan semuanya GRATISS.

Di Bumi Perkemahan “Kantil Idaman” selain digunakan untuk kegiatan perkemahan dan Out Bound juga digunakan pengunjung untuk menikmati pemandangan Ngawi dari atas. Suasana yang teduh dan sejuk dibawah pohon kantil ini menjadikan pengunjung akan betah berlama-lama duduk-duduk sambil menikmati bekal bawaan dan menikmati indahnya pemandangan hamparan persawahan, tanaman teh bak permadani dan pucuk-pucuk pinus yang berjajar.

 

Gardu Pandang Jamus “GARDU POLO”

Gardu polo adalah wilayah perkebunan teh blok “Gardu Polo”, sekarang disulap menjadi Gardu Pandang dan lokasi Off Road Track dan Trail Track. Dari  Gardu Pandang “Gardu Polo” ini  kita bisa melihat panorama yang indah hampir diseluruh wilayah kebun teh jamus dan wilayah Kabupaten Ngawi. Karena sangat indahnya pemandangan dari Gardu Pandang, ada yang mengatakan seperti keindahan panorama di Brisbane, Australia.

Gardu Pandang “Gardu Polo” terletak di atas empalsemen Kebun Teh Jamus dengan ketinggian lokasi 1000 meter diatas permukaan laut. Area Gardu Polo seluas 1,5 Ha ini terletak di Kampung Jamus, Desa Girikerto, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi, Provinsi Jawa Timur.

Apa ya yang bisa dilakukan di Gardu Pandang “Gardu Polo” ini?. Disini anda bisa berlama-lama menikmati keindahan kota Ngawi, menikmati indahnya hamparan tanaman teh bak permadani, duduk-duduk dan tiduran di padang rumput yang indah, dan kegiatan ekstreem offroad / trail.

 

Museum PLTA Van De Rappart

Kebun Teh Jamus adalah salah satu wilayah lereng lawu yang menjadi incaran Bangsa Belanda untuk mengembangkan usahanya pada zaman penjajahan. Potensi wilayah dan kekayaan alam Jamus yang bersuhu dingin dan memiliki tanah yang bisa ditumbuhi hampir semua jenis tanaman inilah yang menjadi daya tariknya. Sehinga dipilihlah Jamus sebagai lokasi perintisan perkebunan Teh yang pada saat itu pasarnya sangat menjanjikan di eropa dan Asia.

Van De Rappart adalah pengelola Kebun Teh Jamus  pertama kali. untuk kelancaran kegiatan di Kebun Teh Jamus diperlukan energi listrik untuk penerangan dan Pengolahan Teh. Van de Rappart, orang yang pertama kali mencetuskan ide untuk membuat kincir air sebagai pembangkit tenaga listrik di Kebun Teh Jamus. PLTA ini menggunaan spare part yang semuanya didatangkan dari Belanda. Pada tahun 1930 pembangkit listrik Tenaga Air ini mulai beroperasi dan menghasilkan listrik dengan kapasitas 20 KVA yang digunakan untuk penerangan rumah , jalan dan pabrik dan sampai saat ini bisa beroperasi dengan baik.

Pembangkit listrik Tenaga air ini terdiri dari beberapa bagian, yaitu Terdapat roda gila serta turbin yang terbuat dari besi dengan berat 2 ton. Woww seberat itu ya, kebayang kalau zaman dulu bagaimana ya cara membawanya, cara memasangnya. Bagian-bagian PLTA Van De-Rapat ini sekarang masih terpasanga utuh seperti sebelumnya, dan sekarang ini tetap dilestarikan dan menjadi wisata edukatif bagi Pelajar dan Mahasiswa.

PLTA yang dibangun zaman Belanda ini, sesuai dengan Keputusan Pimpinan PT. Candi Loka  Kebun Teh Jamus sekarang Statusnya berubah menjadi museum PLTA “Van De Rappart”. Dan bisa dijadikan wisata edukatif dan cagar budaya yang perlu dilestarikan karena merupakan salah satu pendukung sejarah Jamus.

Untuk Penerangan dan Pengolahan Teh sekarang ini sudah ada Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) yang mempunyai daya sebesar 100 KVA lebih. Energi PLTMH lebih besar dan lebih maksimal untuk digunakan zaman sekarang ini termasuk digunakan untuk menghidupkan komputer.

Kolam Renang Sumber Lanang

Dinamakan Kolam Renang Sumber Lanang, karena airnya berasal langsung dari mata air “Sumber Lanang” yang sumber airnya tidak pernah kering. Suhu air di Kolam Renang Sumber Lanang ini sangatlah dingin, kalau siang suhunga berkisar antara 15 – 22º C sedangkan kalau malam bisa lebih dingin lagi.

Kawasan Kolam Renang Sumber Lanang ini memberikan daya tarik tersendiri :

  1. Mata air sumber lanang, yang berada di tengah-tengah Kebun Teh Jamus dan dikelilingi tanaman teh dan pepohonan ini mampu menghasilkan air dengan debit yang sangat besar dan tidak bernah berkurang airnya walaupun musim kemarau. Air dari mata air sumber lanang ini bisa diminum langsung tanpa melalui penyaringan atau pemasakan terlebih dahulu, karena sudah disaring oleh alam dan tentunya kandungan mineralya sangatlah tinggi.
  2. Kolam Renang Dewasa dan anak-anak, memang ukuran kolam tergolong kecil, dan sebenarnya diperuntukkan bagi anak-anak saja. Selain itu jarang sekali yang berani berenang dikolam renang ini karena suhu airnya sangat dingin, kalaupun berenang biasanya sebentar saja berenang sudah kedinginan, kulit bisa keriput-keriput karena sangat dinginnya.
  3. Taman Bermain dan gazebo-gazebo turut melengkapi Kolam Renang sumber lanang ini, sehingga pengunjung bisa bersantai sambil menikmati pemandangan disekitar kolam renang yang kelihatan sangat asri dan menyejukkan jiwa dan fikiran
  4. Dilengkapi Musholla dan Kamar mandi Gratis. Bagi pengunjung yang mau melaksanakan ibadah sholat pada waktunya bisa dilaksanakan di musholla yang berada dilokasi, selain itu untuk keperluan MCK tersedia kamar mandi yang banyak dan gratis… tis..tis….

Menurut hasil penelitian di Laboratorium, Air dari mata air Sumber Lanang mengandung mineral tinggi sehingga mampu menyehatkan tubuh. Dikeliling  pepohonan besar berbagai jenis seperti Preh, Ipik, Beringin Kantil, Sarangan menambah kesan sejuk dan asri di Kawasan kolam renang ini. Bahkan terdapat satu jenis pohon yang sangat besar kira-kira berdiameter 300cm yaitu pohon Bulu, yang sengaja tidak ditebang karena mampu menghasilkan air yang melimpah.

Jamus Borobudur’s Hill

Borobudur Hills (Bukit Borobudur) merupakan salah satu daya tarik utama Perkebunan Teh Jamus. Tempat ini memiliki ketinggian sekitar 35,4 meter yang dihitung dari dasar bukit dan luas areanya sekitar 3,54 Ha. Bukit yang menyerupai Candi Borobudur ini memiliki 117 tangga dengan jumlah tanaman teh sekitar 35.400 pohon. Dilihat dari kejauhan rimbunan pohon teh berundak tersebut, memang mirip sekali dengan Candi Borobudur. Inilah borobudur alami yang terbuat dari tanaman yang sangat eksotik.

 

Tertarik dan penasaran dengan Jamus Borobudur’s Hill silahkan naik ke Puncak, tapi sapkan tenaga dan air minum terlebih dahulu. Namanya saja bukit tentu lokasinya sedikit menanjak dengan kemiringan antara 40-60 derajat. Tangga naik di Bukit Borobudur Kebun Teh Jamus Ngawi terlihat cukup curam dan tinggi. Tapi jangan kuatir disediakan pegangan dikiri dan kanan tangga, Atau bisa beristirahat dengan cara masuk ke jalan setapak di pingir tanaman teh. Jangan heran anda akan terengah-engah apabila naik ke atas puncak, tetapi jangan berhenti tetap lanjutkan sampai anda sampai di puncak dan bisa menikmati pemandangan Kota Ngawi dan Sekitarnya, walaupun jauh sih.

Pemandangan dari atas Bukit Borobudur sungguh indah karena dapat melihat hamparan hijau eksotis kebun teh. Bila beruntung, pengunjung akan melihat pemandangan Gunung Lawu secara utuh hingga terlihat puncaknya bila tidak sedang berkabut. Suasana di atas puncak tidak terlalu dingin tapi lumayan teduh. Maklum tempat ini ada di lereng Gunung Lawu.

Demikian review saya tentang Kebun Teh Jamus Wisata Andalan Kabupaten Ngawi, bagi yang membutuhkan informasi lebih lanjut bisa menghubungi kami di 085745135415, atau bagi anda yang menginginkan oleh—oleh khas jamus baik online maupun offline, bisa SMS/ WA di nomor diatas ya. Kami tunggu kedatangan anda di Kebun Teh Jamus dan merefresh diri  dan mengisi penuh paru-paru dengan oksigen yang melimpah.

 

Leave a Reply

Kartono Net
Sugihwaras - Kalitengah - Lamongan Jawa Timur (62255)
Phone 082131369461
Copyright © 2016