Home » Eksport Import » Kenali Cukai Agar Mengetahui Prosedur Eksport Import

Kenali Cukai Agar Mengetahui Prosedur Eksport Import

Jan
31
2017
by : admin . Posted in : Eksport Import

Kenali Cukai Untuk Mengetahui Prosedur Eksport Import

Jika Anda sudah tahu tentang Pabean sebelum melakukan Eksport Import, saat ini kami akan mencoba menjelaskan tentang cukai sebagai salah satu Prosedur Eksport Import pada perdagangan Internasional . Sebelum menjelaskan lebih lanjut kita terlebih dahulu harus mengetahui pengertian tentang cukai. Dari berbagai sumber yang kita rangkum cukai merupakan pungutan terhadap barang-barang eksport dan konsumsi dalam negeri tertentu yang dilakukan oleh negara Republik Indonesia melalui Direktorat Jendral Bea dan Cukai sebagai pelaksana di bawah Kementrian Keuangan Republik Indonesia. Penetapan besaran cukai merupakan salah satu tujuan dari pemerintah untuk melindungi masyarakat terhadap suatu produk yang dapat membahayakan dan berdampak negatif bagi kehidupan masyarakat. Di malaysia sendiri terdapat 13 produk yang terdaftar pada cukai negara tersebut. Di indonesia sendiri terdapat barang-barang yang dikenai cukai yang meliputi barang berbahaya dan dijaga ketat peredaranya seperti; etil, alkohol atau etanol, dan minuman lainya yang mengandung alkohol, ada juga hasil tembakau yang sudah dikemas dalam bentuk rokok, cerutu, sigaret dan bentuk kemasan lainya yang masih mengandung tembakau.

Prosedur Ekspor dan Import

Prosedur Ekspor dan Import

Di Indonesia dua produk yang menyumbangkan pajak terbesar bagi pendapatan negara yang masuk dalam daftar cukai yaitu produk minuman beralkohol dan rokok bahkan kedua produk tersebut bisa menggabungkan perolehan pajak lebih dari puluhan produk dalam skala nasional. Jika Anda mengonsumsi minuman beralkohol dan rokok akan didalamnya terdapat lebel tentang bea dan cukai, artinya cukai sudah ditetapkan sebelum beredar jadi anda membeli produk tersebut sudah mencakup biaya cukai.  Dalam awal Januari hingga April saja pendapatan dari cukai total mencapai 37,49 Triliun dan 95,99 persen berasal dari rokok dan sisanya minuman beralkohol. Begitu besar sumbangan rokok membuat produk tersebut eksis dan terus berkembang walaupun pada saat ini dilakukan untuk meninggikan nilai cukai untuk pengurangan pemakaian rokok pada masyarakat. Dengan penetapan cukai pada beberapa produk dapat memberi perlindungan bagi masyarakat dan tetap memberi sumbangan bagi pendapatan pajak indonesia. Dalam pengawasan pada produk yang dikenai pajak cukai, Indonesia terus melakukan kontrol setiap perluasan peredaran dan obyek konsumsinya pada saat prosedur eksport import berlangsung, terutama produk alkohol yang berasal dari luar negeri.

Setiap negara pada prosedur eksport import memiliki perbedaan kebijakan dalam menetapkan produk dan besaran  biaya kena cukai, salah satu negara maju misalnya pembatasan terhadap produk yang bisa berdampak negatif bagi kehidupan sosial dan lingkungan seperti alkohol dan minuman keras sedangkan beberapa negara bahkan tidak membolehkan peredaran alkohol untuk konsumsi seperti negara di Timur Tengah. Bahkan negara maju membebankan cukai pada produk yang menjadi kebutuhan sehari-hari untuk melindungi kelestarian lingkungan seperti produk yang menghasilkan sampah. Salah satu contoh negara yang menerapkan cukai terhadap produk kebutuhan sehari-hari ialah Singapura, di negara tersebut bea dibebankan pada produk deterjen dan minuman air kemasan agar dapat mengurangi beban sampah dan pencemaran pada lingkungan sekitar.

Sedangkan di Indonesia  barang barang mewah yang masuk akan dikenakan biaya pajak bea cukai yang sangat tinggi, agar konsumsi barang barang mewah tidak terlalu tinggi. Untuk itu sebelum anda melakukan kegiatan eksport import harus mengetahu terlebih dahulu barang yang akan dikirim atau barang yang akan di import ke Indonesia. Anda harus mengetahui apakah barang tersebut masuk kedalam pelarangan peredaran atau pembebanan yang tinggi terhadap cukai yang ditetapkan oleh negara, jika anda sudah mengetahui, anda bisa membuat persyaratan eksport import secara akurat dan tidak melanggar peraturan terhadap barang-barang yang menjadi pengawasan ketat peredaranya disuatu negara. Demikian penjelasan Kenali Cukai untuk Mengetahui Prosedur Eksport Import, semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda tentang eksport dan import.

artikel lainnya

    Leave a Reply

    Kartono Net
    Sugihwaras - Kalitengah - Lamongan Jawa Timur (62255)
    Phone 082131369461
    Copyright © 2016