Home » berita pertanian » Kelompok Wanita Tani Kalitengah Juara Umum lomba Cipta Menu tingkat Kabupaten

Kelompok Wanita Tani Kalitengah Juara Umum lomba Cipta Menu tingkat Kabupaten

Jun
20
2016
by : admin . Posted in : berita pertanian, Kelompok Tani, Pertanian

KWT KALITENGAH JUARA UMUM LOMBA CIPTA MENU OLAHAN PANGAN LOKAL SE-KABUPATEN LAMONGAN

Keseriusan pembinaan Kelompok Wanita Tani (KWT) oleh UPT Dinas Pertanian dan Kehutanan Kecamatan Kalitengah membuahkan hasil yang sangat menggembirakan dalam lomba cipta menu olahan pangan lokal yang diadakan oleh Badan Ketahan Pangan Kabupaten Lamongan. Dari 6 kategori juara dan 5 kategori terbaik, Kelompok Wanita  Tani Kecamatan Kalitengah menyabet  2 Kategori Juara yaitu Juara 1 KWT Lestari Desa Mungli dan Juara Harapan 1 KWT Tunas Mandiri Desa Kalitengah. Dari Kategori Terbaik Kalitengah menempatkan 3 wakilnya  yaitu dalam kategori Penyajian terbaik KWT Lestari Desa Mungli, lauk terbaik KWT Sekar Sari Desa Pengangsalan, dan sayur terbaik KWT Nusa Indah Desa Pucangro. Masing-masing juara mendapatkan hadiah berupa uang tunai dan trofi/ piala. Juara 1 mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp. 5.000.000,- (lima juta rupiah). Semoga dengan apresiasi terhadap prestasi kelompok wanita tani ini bisa membuat peningkatan dalam pengelolaan tanaman dalam pekarangan dalam pemenuhan kebutuhan keluarga.

kwt kalitengah juara 1

Lomba Cipta menu yang diadakan oleh BKP (Badan Ketahanan Pangan) Kabupaten Lamongan tanggal 24 April 2016 ini merupakan realisasi dari rencana Lomba Cipta Menu yang Sungguh ini merupakan prestasi yang menggembirakan bagi Kecamatan Kalitengah yang identik dengan kecamatan juara LGC (Lamongan Green & Clean), ini tidak sombong loh, memang kenyataannya seperti itu. Bahkan sering dikunjungi dari daerah lain untuk sekedar study banding. Kalitengah sekarang bertambah predikat menjadi Kecamatan yang melakukan inovasi dalam peningkatan olahan pangan lokal.  Memang dalam upaya kedaulatan pangan Nasional perlu dilakukan penggalian potensi pangan daerah yang bisa dijadikan upaya untuk mengganti keberadaan beras dan terigu.

Pembinaan Kelompok wanita tani (KWT) di Kecamatan Kalitengah ini memang pada tahun 2016 ini sangat diperhatikan. Bahkan telah terbentuk asosiasi kelompok wanita tani se-Kecamatan Kalitengah yang mempunyai agenda kegiatan pertemuan dan arisan 2 bulanan. Kegiatan inilah yang menjadi ajang sharing sesama Kelompok Wanita Tani, sharing ilmu budidaya sayuran maupun sharing tentang cara pengolahan hasil pertanian. Tidak menutup kemungkinan wahana silaturrohim yang terjalin juga bisa memunculkan network atau jaringan kerjasama antara kelompok dalam hal pemasaran produk-produk unggulan kelompok. Dari pertemuan yang dilaksanakan ini sudah menjalankan 2 kegiatan yang sangat bagus, yaitu: pelatihan pembibitan tanaman hortikultura dan teknis budidaya tanaman sayuran dengan sistem hidroponik. KWT yang juga bergerak dibidang olahan hasil pertanian ini, juga didorong untuk mengurus ijin produksi atau ijin dari Departemen Kesehatan berupa PIRT.

Lomba cipta menu ini untuk mendorong kelompok wanita tani dalam upaya program Percepatan Penganekaragaman konsumsi pangan (P2KP), realisasinya termasuk dalam konsumsi pangan sehari-hari keluarga yang diharuskan B2SA yaitu bergizi, berimbang, sehat dan aman. Makanya dalam lomba cipta menu olahan pangan lokal Lamongan ini dilarang mengolah makanan yang menggunakan bahan dari beras dan gandum atau terigu. Bahan utama yang dikedepankan adalah non beras dan non terigu karena disinyalir Masyarakat Indonesia konsumsi berasnya sangat tinggi, sehingga banyak yang terserang penyakit diabetes atau gula darah. Memang semua tak terlepas dari kuasa Alloh SWT, tetapi manusia khan harus berusaha. Untuk itu konsumsi beras/nasi dalam menu sehat keluarga diharapkan bisa dikurangi.

Keberagaman menu keluarga diharapkan pemerintah bisa dipenuhi dari pekarangan rumah sendiri-sendiri. Sayur dari pekarangan, lauk termasuk ikan dan ayam juga dari pekarangan, pangan sumber karbohidrat dari singkong dan ubi jalarpun diharapkan bisa didapatkan dari pekarangan keluarga. Dengan bahan yang didapat dari pekarangan keluarga ini, harapannya bisa meminimalisir biaya belanja kebutuhan rumah tangga dan juga bisa menghindari pemakaian bahan/ produk yang mengandung pestisida.

 

Leave a Reply

Kartono Net
Sugihwaras - Kalitengah - Lamongan Jawa Timur (62255)
Phone 082131369461
Copyright © 2016