Home » berita pertanian » Luar Biasa, Lamongan Panen Durian Montong

Luar Biasa, Lamongan Panen Durian Montong

Jan
11
2018
by : admin . Posted in : berita pertanian, Bisnis, Lamongan, Pertanian, Wisata

Luar Biasa, Lamongan Panen Durian Montong

Bulan Januari 2018 sesuatu yang luar biasa, Lamongan panen durian montong di Desa Sugihan Kecamatan Solokuro Kabupaten Lamongan. Sungguh mengejutkan memang, Lamongan yang daerahnya terkenal daerah panas, tetapi durian montong dapat tumbuh dengan baik bahkan buahnya lebih besar dari durian montong Thailand. Fenomena yang tidak biasa ini menimbulkan pro dan kontra. Ada yang berpendapat ini karena anomali iklim, ada yang berpendapat memang sudah sewajarnya.

Luar biasa, Lamongan panen durian montong, ya Durian montong yang biasanya dikembangkan di daerah dataran tinggi ini, kini hadir di Perkebunan durian di Desa Sugihan Kecamatan Solokuro Lamongan dan sudah dikembangkan sekitar 5 tahun yang lalu. Produksinya pun tergolong luar biasa dalam satu pohon bisa berbuah rata-rata … biji.

Bupati Lamongan yang terkenal dengan komitmennya pada Bidang Pertanian ini langsung respon dan mengunjungi Kebun Durian bersama Kepala OPD pada selasa (9/1/2018). Tidak cuma mengunjungi, Bupati Lamongan ikut mencicipi kelezatannya durian montong hasil budidaya warga Lamongan. “Rasanya enak dan lezat dibandingkan durian montong dataran tinggi, dagingnya tebal, bijinya kecil” katanya.

Menurut Bupati Lamongan Lahan durian seluas 0,5 Ha milik Zumiyah warga Desa Sugihan ini ada potensi untuk dikembangkan menjadi salah satu agrowisata andalan Kabupaten Lamongan, terutama wisata durian. Tidak menutup kemungkinan Desa Sugihan sebagai pioneer pengembangan durian di Lamongan menjadi Desa Durian . Menjadi salah satu klaster pengembangan Durian Lamongan, yang sebelumnya sudah ada klaster Songkok, Klaster Kedelai, klaster batik, dan klaster-klaster lainnya.

Lamongan akhir-akhir ini memang heboh, sebelumnya heboh fenomena pohon trinil atau pohon harry potter yang berada di Desa Widhe Kecamatan Brondong, bahkan liburan tahun baru pengunjungnya sampai antri 2 KM, sekarang Lamongan dihebohkan dengan adanya raja buah (the king of fruits) varietas Durian Montong yang super Besar mencapai 8 Kg per buah di Desa Sugihan Kecamatan Solokuro. Fenomena durian ini merupakan fenomena yang kesekian kalinya dari Kabupaten Lamongan, bahkan fenomena Jagung modern Lamongan sudah mendunia. Yang perlu digaris bawahi ternyata fenomena-fenomena ini berasal dari daerah pesisir utara atau daerah utara Bengawan Solo dan hampir semuanya dalam bidang Pertanian atau Kehutanan.

Sebagai warga lamongan kita bisa bilang Luar biasa, Lamongan panen durian montong, dan ternyata fenomena durian ini menjadi Fenomena yang berimbas positip pada lingkungan hidup. Warga Lamongan berbondong-bondong menanam pohon durian yang berpotensi menhasilkan banyak oksigen. Dari beberapa obrolan teman-teman di facebook mereka berencana menanam pohon durian di Pekarangan atau dilahan tegal seperti Bu Zumiyah Desa Sugihan. Musim hujan, memang moment yang terbaik untuk menanam tanaman buah, biasanya langsung hidup dan tumbuh dengan baik. Toko-Toko bibit tanaman yang berada di pinggir jalan daerah Sidoaharjo Lamongan, daerah Sekaran di serbu pembeli, rata-rata mereka menayakan bibit durian. Ini menjadi peluang usaha dadakan yang sangat menguntungkan.

 

Leave a Reply

Kartono Net
Sugihwaras - Kalitengah - Lamongan Jawa Timur (62255)
Phone 082131369461
Copyright © 2016