Home » berita pertanian » Memanfaatkan Dana Desa Secara Bijaksana

Memanfaatkan Dana Desa Secara Bijaksana

Feb
07
2018
by : admin . Posted in : berita pertanian, Umum

Memanfaatkan Dana Desa Secara Bijaksana

Dana Desa yang mencapai hampir 1 Milyar tiap Desa Tiap tahun menjadikan Pemerintah Desa semakin berpeluang besar untuk memajukan Desanya, tetapi dilain pihak juga banyak peluang penyelewengan yang bisa terjadi. Memanfaatkan dana desa secara bijaksana dan tepat sasaran itu kunci utamanya. Menurut preseiden Jokowi “Dana Desa Bisa dimanfaatkan untuk apapun kalau itu merupakan program yang produktif dan untuk memajukan perekonomian Desa setempat”.

Memanfaatkan dana desa secara bijaksana bisa dilakukan dengan tahapan musyawarah dan usulan dari masyarakat Desa. Tetapi harus tetap hati-hati dalam memanfaatkannya, ya bijaksana itu tadi. Prseiden Jokowi berpesan kepada Kepala Desa Se-Indonesia supaya berhati-hati dalam menggunakan dana desa yang ditransfeer langsung dari pusat tersebut. “hati-hati kepala desanya ditangkap, saya tidak menakut-nakuti” kata presiden Jokowi saat bersilaturahmi dengan masyarakat Banten, Rabu (4/10/17).

Berdasarkan data yang masuk Pemerintah pusat, saat ini sudah ada 900  Desa yang berkasus penyelewengan dana desa yang diberikan oleh pemerintah setiap tahun ini. Bagaimana tidak, dana yang mencapai 1 Milyar ini kalau dimanfaatkan secara maksimal dalam waktu 5 tahun saja Desa- Desa akan mengalami kemajuan yang sangat signifikan. Bahkan bisa mengalahkan kemajuan kota Kecamatan. Yang menjadi persoalan sudah siapkah teknologi dan SDM nya dalam mengelola sehingga bisa maksimal.

Memanfaatkan dana desa secara bijaksana memang tidak mudah. Buktinya sampai saat ini pemanfaatan dana desa masih berkutat seputar pembangunan infrastruktur, termasuk jalan, jembatan, TPT dan lainnya. Ketua Umum LPM Eni Maulani mengatakan “selama ini pemanfaatan dana desa hanya untuk pembangunan infrastruktur seperti membangun jalann atau jembatan, tetapi mereka belum menggunakannnya untuk mengembangakan sumber daya manusia yang lebih berkesinambungan” Jakarta, senin (6/11).

Dana desa ini membuktikan bahwa Pemerintah tak main-main dalam komitmennya membangun desa. Dimulai sejak tahun 2015 pemerintah telah mengucurkan dana sebesar Rp. 20,76 triliun, meningkat pada tahun 2016 sebesar Rp. 45,98 triliun dan tahun 2017 meningkat lagi menjadi Rp. 60 triliun dengan sasaran pembangunan dana desa sebanyak 74.958 desa di Seluruh Indonesia.

Contoh Kabupaten Tulungagung yang memanfaatkan dana desa secara bijaksana. Dalam hal ini Presiden Jokowi memberi apresiasi Kepada Kabupaten Tulungagung sebagai Juara I dan Kabupaten Jembrana sebagai juara II, juga memberikan apresiasi pada beberapa Kabupaten yang bisa menyerap dana desa lebih dari 60%.

Kabupaten Tulungagung dengan dana Rp. 127 triliun mampu membanguan jalan sepanjang 679 KM dan jembatan 1.975 meter selama 3 tahun (2015-2017). Inilah yang diinginkan presiden Jokowi agar  dana desa termanfaatkan dengan baik.

Leave a Reply

Kartono Net
Sugihwaras - Kalitengah - Lamongan Jawa Timur (62255)
Phone 082131369461
Copyright © 2016