Home » berita pertanian » Muspika & UPT Pertanian Kalitengah Panen Raya Padi di Kediren

Muspika & UPT Pertanian Kalitengah Panen Raya Padi di Kediren

Jan
20
2018
by : admin . Posted in : berita pertanian, Pertanian

Muspika & UPT Pertanaian  Kalitengah panen raya padi di Kediren

Selasa (5/9/2017), Muspika dan UPT Pertanian Kalitengah panen raya Padi di Kediren Kecamatan Kalitengah Lamongan. Hadir dalam acara panen raya padi di Kediren tersebut 70 orang dari Perangkat Desa Kediren, anggota kelompok tani Sumber Mulyo Desa Kediren dan Ketua Gapoktan Sekitar Desa Kediren yang tergabung dalam Asosiasi Gapoktan Se-Kecamatan Kalitengah.

Dalam sambutan pembukaan Kepada Desa Kediren Sudja’i bersyukur bahwa panen tahun ini terjadi kenaikan produksi padi mencapai rata-rata 10 ton per hektar dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya sekitar 6-8 ton pe hektarnya. Petani Desa Kediren Alhamdulillah 80% sudah menerapkan system tanam jajar legowo sehingga terjadi peningkatan hasil, lanjutnya.

Memperkuat Sambutan Kades Kediren, Camat Kalitengah Suwigyo juga menyampaikan pesan kepada peserta panen raya, bahwa ternyata dengan system Jajar Legowo ini bisa meningkatkan produksi padi, maka supaya dipilih oleh petani sebagai teknologi untuk meningkatkan hasil produksi padinya. Selanjutnya Camat Kalitengah yang belum genap 1 tahun menjabat di Kalitengah ini juga akan terus mengawal dan membantu petani dan mewujudkan keberhasilan pertanian dengan koordinasi dengan pihak terkait termasuk Pengairan dalam usaha program pengerukan saluran irigasi, kalancaran pengairan dan juga alur distribusi air.

Camat kalitengah yang merupakan putra daerah Kalitengah ini bertekad memajukan Sektor Pertanian, terbukti sebelumnya bersama UPT Pertanian melakukan gebrakan penanaman 5000 Pisang Mas Kirana se-Kecamatan Kalitengah pada 25 April 2017 di Desa Kalitengah.

Panen Raya padi di Kediren ini merupakan kelanjutan dari program pelatihan pertanian  dana desa  2017. Desa Kediren merupakan Desa yang Pertama melakukan pelatihan Pertanian dengan menggunakan dana Pemberdayaan Masyarakat dari dana desa yang digulirkan oleh pemerintah. Pelatihan ini diawali dengan penyuluhan dari pertanian yaitu Tim UPT Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan yang di komandoi Haryo Sunendyo bersama dengan penyuluh pertanian lapangan (PPL) yaitu Sudarto, Kartono, Watini dan Rizqi.

Kepala Desa Kediren Bersama penyuluh Pertanian, Kelompok Tani, Pendamping Dana Desa dan Perangkat  menyusun strategi Pelatihan Pertanian semaksimal mungkin agar pelatihan pertanian ini berjalan dengan baik dan tepat sasaran dan ada perubahan sikap dan Ketrampilan dalam berusaha tani sehingga menghasilkan produksi padi lebih dari 10 ton, sesuai dengan harapan Bupati Lamongan Fadeli.

Dalam Pelatihan ini diisi dengan pemaparan materi dan Praktek, termasuk sasarannya adalah Kepada Regu Tanam Padi. Dilanjutkan dengan Kajian Penerapan beberapa varietas dan jarak tanam jarwo 2:1. Varietas yang kita kaji adalah Mekongga, Inpari 4, Inpari 30 dan Wayapoburu. Dari hasil ubinan yang dilakukan peserta pelatihan, diketahui bahwa Provitas padi varietas Wayapoburu adalah yang paling tinggi dengan 11, 37 ton diikuti varietas Inpari 4 sebesar 10,78.

Leave a Reply

Kartono Net
Sugihwaras - Kalitengah - Lamongan Jawa Timur (62255)
Phone 082131369461
Copyright © 2016