Home » Kuliner » Nikmatnya Nasi (Sego) Boran Khas Lamongan

Nikmatnya Nasi (Sego) Boran Khas Lamongan

Feb
24
2016
by : admin . Posted in : Kuliner

Nikmatnya Sego Boran Lamongan

Lamongan kota soto, Lamongan kota tahu campur begitulah slogan Lamongan yang dapat anda baca pada gapura selamat datang Lamongan. Ya… Memang Lamongan merupakan kota wisata kuliner andalan yang dapat dijadikan referensi bagi anda pecinta kuliner khas Lamongan.

Ternyata selain  dua jenis kuliner nikmat diatas ada wisata kuliner unik lain di Lamongan yang terkenal yaitu SEGO BORAN,  ya .. kuliner khas Lamongan yang satu ini memang sangat unik karena nasi  hangat yang menjadi unsur utama menu ini diletakkan dalam boran yaitu sejenis tempat nasi zaman dahulu yang terbuat dari anyaman bambu. Beda dengan wadah nasi di daerah Jawa Tengah, disana disebut dengan bakul. Walaupun sama sama terbuat dari anyaman bambu tapi ada beberapa perbedaan, yaitu; dari ukurannya,  bentuknya dan fungsinya. Dilihat dari ukurannya, boran lebih besar dari pada bakul, boran bisa menampung nasi dengan jumlah yang besar kira kira diatas lima puluh porsi. Kalau bakul ukurannya lebih kecil paling bisa muat nasi sekitar untuk 5 porsi atau lebih, cukuplah untuk satu keluarga atau satu rombongan. Dilihat bentuknya boran seperti tabung besar setinggi 30 cm – 50 cm, diameter 40 cm  sampai dengan 60 cm dengan tutup bagian atasnya, kadang juga tidak diberi tutup dari anyaman bambu, tapi ditutupi dengan kain.  sedangkan bakul bentuknya seperti piala besar yang mempunyai 2 bagian yaitu bagian tempat nasi dan bagian kaki, dengan dua pegangan diatasnya.

Sego Boran Lamongan

Sego Boran Lamongan

Nasi boran Lamongan disajikan dalam wadah piring porselain atau piring seng dengan lapisan, tetapi tempat makan ini tidak mengikat, tiap pedagang memiliki tempat nasi khusus yang berbeda. Salah satu contoh inovasi pedagang sego boran ada yang menggunakan piring dari lidi yang diatasnya diberi kertas minyak, piring dari lidih dipilih karena luas permukaannya lebih lebar dan  praktis tidak perlu mencuci piring bekas dipakai pelanggan, tinggal buang kertas minyak yang lama diganti dengan kertas minyak yang  baru, jadinya siap dipakai lagi untuk menyajikan menu istimewa sego boran.

Sajian nasi hangat dengan lauk wajib begedel dilengkapi dengan sambal kental, sekilas mirip sambel pecel itulah nasi boran mantap, ditambah lauk ayam, telur,  ikan mujaer, ikan bandeng, ikan tombro dan kutok atau kotes atau ikan gabus yang menjadi kuliner andalan khas Lamongan. Lauk kuliner sego boran Lamongan ini bukan ikan impor atau berasal dari daerah lain loh, tetapi hasil budidaya ikan darat Lamongan sendiri yang sudah terkenal di jawa timur dan nusantara.  Bahkan Lamongan merupakan lumbung pangan jawa timur bahkan nasional terutama komoditi beras dan ikan. Tertarik melihat Lamongan dan potensinya?, silahkan berkunjung ke Lamongan kota adipura kencana.

Kalau anda  mau mencicipi nasi boran yang dijajahkan oleh ibu ibu hebat Lamongan  jangan kuatir masalah harga. hanya dengan sepuluh ribu sampai lima belas ribu rupiah anda sudah bisa meledakkan perut yang tadinya keroncongan. Semua kalangan bisa menikmatinya, semua usiapun bisa merasakannya, tapi ingat pesan Rosululloh SAW berhentilah makan sebelum kenyang. Oke.

Masih binggung nyarinya dimana?. Jangan kuatir bro Nasi boran khas Lamongan ada dipenjuru Lamongan terutama di wilayah Lamongan kota. Bila anda jalan jalan di sekitar alun-alun kota Lamongan,  ada ibu-ibu dengan boran besar  ditutupi kain yang keluar asap kecil dari dalamnya, dipinggirnya ada ember besar penuh dengan lauk  itulah ibu-ibu yang menjual NASI BORAN, bahkan  sekarang lebih keren lagi untuk menghindari dari terik matahari dan hujan, stand nasi boran dipasangi dengan payung besar, seperti di pinggir pantai loh… Asik khan. Mau dibungkus atau dimakan ditempat ya…monggo saja asalkan jangan pesan antar aja ya, kayaknya sih belum bisa melayani dan belum ada aplikasinya. Tapi mungkin beberapa tahun lagi ada pengusaha Lamongan yang memanfaatkan peluang bisnis sego boran dengan mengembangkan usaha waralaba nasi boran mumpung belum diserang pengusaha kuliner dari negara Taiiland dan Jepang.

Pedagang nasi boran biasanya mangkal mulai jam empat sore sampai jam sepuluh malam, ya itupun kalau belum habis, tapi rata rata pedagang nasi boran sudah kehabisan dagangannya jam  delapan atau jam sembilan malam. Waktu yang paling pas menikmati nasi boran Lamongan adalah sekitar jam enam sampai jam sembilan malam so selain waktunya jam makan, cuaca yang dinginpun menambah selera makan anda.

Peluang bisnis Nasi boran Lamongan sepertinya masih sangat menjanjikan.  Sistem penjualan nasi boran di Lamongan yang selama ini masih tradisional bisa ditingkatkan dengan memasukkan menu sego boran ke resto resto terkenal di Indonesia, atau membuka rumah makan khusus sego boran dan pengikutnya. Tetapi dalam proses penjualan dan penataan ruangnya saya setuju kalau konsep tradisional tetap dipertahankan. Nasinya tetap dimasukkan Boran, ada pramusaji khusus di setiap boran. Cocok sekali  kalau menu sego boran di sajikan di resto atau rumah makan dengan konsep alami seperti rumah apung keren, warung lesehan, rumah makan lombok pedas dan lainnya, tapi sayang rumah makan rumah makan yang saya sebutkan diatas tidak menyediakan menu sego boran mantap.

Kuliner sego boran Lamongan ini harus dilestarikan, jangan sampai punah, bahkan kalau perlu dilakukan penelitian khusus untuk mengembangkan menu sego boran yang bervariasi sehingga tidak monoton dan lebih disukai oleh pecinta kuliner. Wujud pelestarian segi boran Lamongan ini juga bisa banget  dilaksanakan pemda Lamongan untuk membuat tempat khusus kuliner sego boran Lamongan atau setidaknya membuat pujasera (pusat jajanan serba ada) yang menjual  kuliner khas Lamongan seperti soto Lamongan, tahu campur dan sego boran.

Kuliner sego boran enak ini menjadi inspirasi terbentuknya tarian boranan yaitu rangkaian gerak tari yang menggunakan alat berupa boran. Pengucapan kata-nya hampir mirip ya dengan tarian jaranan yang menggunakan seperangkat alat yang menyerupai jaran atau kuda. Tarian boranan ini dimainkan oleh anak anak sd sampai remaja dalam setiap momen acara acara warga Lamongan atau acara acara khusus seperti hari jadi kota Lamongan. Bahkan bila tarian boranan ini dilombahkan, akan menyemarakkan suasana dan menambah khasanah kesenian nusantara.

artikel lainnya

    Leave a Reply

    Kartono Net
    Sugihwaras - Kalitengah - Lamongan Jawa Timur (62255)
    Phone 082131369461
    Copyright © 2016