Home » Bisnis » Peluang Usaha Bunga Krisan

Peluang Usaha Bunga Krisan

Apr
16
2016
by : admin . Posted in : Bisnis, Hidroponik, Pertanian

Peluang Usaha Bunga Krisan

Peluang usaha tanaman hias tidak ada matinya. Termasuk tanaman hias dari jenis tanaman berbunga seperti bunga krisan. Diberbagai daerah dataran tinggi banyak yang mengembangkan usaha budidaya tanaman bunga krisan. Ya walaupun tanaman induknya masih impor, tetapi sudah banyak yang mengembangkannya. Di Cisarua Jawa Barat ada satu perusahaan yang mengembangkan pembibitan krisan dalam bentuk yang sudah berakar maupun yang belum mempunyai akar. Bibit krisan inilah yang dikirim ke penjuru wilayah di Indonesia untuk dikembangkan atau dibudidayakan dalam bentuk produk bunga potong atau bunga pot.

peluang usaha bunga krisan

Bunga krisan dalam bentuk bunga potong atau dalam bentuk bunga pot, memang mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri. Salah satu kelebihan tanaman krisan pot selain bunga lebih tahan lama dibandingkan krisan potong, juga karena faktor portabilitasnya, yaitu mudah dipindahkan. Kekurangan bunga krisan dalam pot adalah tentunya berat karena bawa pot dengan media tanamanya, dan harganya juga lebih mahal. Bunga potong juga memiliki kelebihannya tersendiri, yaitu warnanya bisa dikombinasi dari beberapa jenis, bisa dirangkai sebagai bucket bunga atau juga ringan dalam membawanya. Kekurangan bunga potong adalah tidak tahan lama dalam penyimpanan karena bunga sudah terpisah dari akarnya. Terlepas dari kelebihan dan kekurangan masing-masing, keduanya memiliki unsur keindahan yang luar biasa. Keduanya juga memiliki peran yang berbeda dalam penggunaannya.

Peluang usaha bunga krisan ini terbukti dengan banyaknya permintaan akan bunga krisan baik dalam bentuk bunga potong maupun dalam bentuk bunga pot. Bunga otong dapat digunakan konsumen untuk acara-acara ceremonial dan acara-acara pesta yang tentunya akan dirangkai dengan rangkaian indah dan menawan. Untuk bunga pot diminati konsumen untuk menghiasi taman dan halaman rumahnya. Bahkan sekarang ini berkembang usaha oleh-oleh tanaman hias atau bunga. Baik oleh-oleh dari tempat wisata, oleh-oleh dari bepergian atau souvenir pestapun ada yang memberikan tanaman hias, tentunya bunga krisan sangatlah cocok sebagai souvenir mengesankan.

Agar bunga krisan sesuai dengan permintaan konsumen, maka teknik budidayanya harus disesuaikan. Untuk pangsa pasar diluar daerah dengan jarak tempuh yang jauh, maka proses pemanenan dilakukan lebih cepat, sebab krisan adalah benda hidup yang mengalami perubahan dan perkembangan. Proses panen dan pasca panen sangat menentukan kualitas dari bunga krisan.

Konsumen atau distributor biasanya meminta produk sesuai dengan standart mutu yang sudah ditentukan. Hal ini harus dipenuhi oleh produsen. Panen krisan dilakukan saat bunga krisan mengalami pembungaan (coloring) sekitar 70% dan kelopak bunga belum terlalu mekar (masih berupa kuncup). Syarat lainnya adalah untuk tipe standard, jumlah bunga dalam satu pot minimal 10 tangkai, untuk tipe spray jumlah bunga dalam satu batang adalah 4-5 kuntum, penampakan kuncup bunga seimbang, tinggi bunga sekitar 22.5 cm, warna bunga seragam, dan tidak terdapat bekas serangan hama leaf miner. Keseraaman hasil akhir pada bunga krisan pot sangat menentukan  tingkat penerimaan oleh konsumen seperti kuntum bunga mekar serempak dengan warna yang seragam dan dengan diameter yang sama. Jika tidak maka akan menurunkan nilai jual bunga krisan.

Untuk Bunga krisan pot sebelum di jual akan dimasukkan dalam ruangan demplot dan akan terus berada dalam demplot hingga ada konsumen yang ingin membeli. Tetapi karena permintaan akan bunga krisan sangatlah banyak biasanya bunga-bunga tersebut akan habis terjual tidak kurang dari satu minggu. Konsumen bunga krisan yang paling banyak adalah Pengusaha tanaman hias, florist dan pengunjung dari masyarakat umum.

Tanaman bunga krisan yang sesuai standar akan dipasarkan sesuai dengan kontrak kerjasama yang dijalin oleh perusahaan dan konsumen. Bunga krisan yang dipesan konsumen akan dikemas ke dalam plastik yang sudah dilubangi kemudian dimasukkan ke dalam kardus. Pengemasan dan pengkardusan dapat dilakukan pula di lahan apabila krisan pot akan langsung didistribusikan. Pengemasan dalam kardus sebaiknya diletakkan pada posisi berdiri dan jangan ditumpuk untuk melancarkan proses pernafasan pada tanaman. Peletakkan bunga dalam pot harus dipadatkan untuk mencegah kerusakan akibat goncangan selama pendistribusian.                                         

Jika anda sebagai pengusaha yang bergerak dalam bidang budidaya tanaman bunga krisan maka harus menguasai Sistem pemasaran bunga krisan. Sebenarnya peluang usaha bunga krisan masih terbuka lebar. Untuk kontrak kerjsama harus tertulis dengan jelas karena produk yang kita pasarkan adalah produk yang umur simpannya relatif singkat. Isi dalam kontrak kerjasama harus menguntungkan kedua belah fihak. Untuk penjualan harus dilakukan dengan sistem putus yaitu distributor membeli produk dengan pembayaran tunai dan apabila produk tidak habis terjual perusahaan tidak menanggung rugi. Perusahaan juga harus menentukan syarat-syarat untuk bagi konsumen, seperti lama kontrak, minimum order, dan lain sebagainya.

Untuk saat ini permintaan pasar akan bunga krisan masih sangat terbuka lebar dan progres tiap tahun tergolong mengalami peningkatan. Permintaan bunga krisan ini juga berdasarkan warna bunga. Tren bunga krisan yang diminati konsumen masih berkisar pada warna-warna standar yaitu warna putih dan kuning. Walaupun tidak menutup kemungkinan warna-warna lain dari berbagai macam varietas juga diminati konsumen. Tren warna-warna tersebut berdaasarkan hasil observasi dari penjualan bunga krisan pada  tahun-tahun sebelumnya dengan melihat kebutuhan pasar, perbandingan order dan prediksi perayaan-perayaan penting seperti perayaan keagamaan dan pernikahan juga sangat menentukan.

Leave a Reply

Kartono Net
Sugihwaras - Kalitengah - Lamongan Jawa Timur (62255)
Phone 082131369461
Copyright © 2016