Home » berita pertanian » Penyuluh Itu Hebat, Produksi Padi Meningkat

Penyuluh Itu Hebat, Produksi Padi Meningkat

Dec
03
2017
by : admin . Posted in : berita pertanian, Pertanian

Penyuluh Itu Hebat, Produksi Padi Meningkat

Kartono.net – Dalam program sergab (serab Gabah) di Kecamatan Kalitengah Kabupaten Lamongan pada tanggal 15 September 2016, Kol. Lumintang dari MABESAD mengatakan Penyuluh Pertanian itu hebat, dengan pendampingan penyuluh produksi padi meningkat drastis”. Dalam program sergap tersebut dihadiri juga dari Kodim Lamongan, Dinas Pertanian dan Kehutanan Lamongan, Ka Bulog Divre Bojonegoro, Koramil 0821/21 Kalitengah, Upt Dinas Pertanian dan Kehutanan Kalitengah, Muspika Kecamatan Kalitengah dan Gapoktan dan Poktan se-Kecamatan Kalitengah. penyuluh pertanian kalitengah mengawal program pemerintah, salah satunya Program sergap yang bertempat di Desa Lukrejo yang merupakan Desa yang mempunyai wilayah paling luas se-Kecamatan kalitengah sekitar 500 Ha.

penyuluhan kalitengah

Dalam sambutannya Kol. Lumintang mengingatkan bahwa “Negara kita adalah negara agraris, kita malu kalau sampai kita impor beras dari negara lain”. Hal ini memang menjadi pemikiran tersendiri bagi kita. Apalagi negara lain sudah ada yang menawarkan beras dengan harga Rp. 4.000,- , terlepas dari kualitas beras, harga tersebut ternyata lebih rendah dari pada harga gabah kering panen (GKP) di Kecamatan Kalitengah saat ini yang mencapai Rp. 4.700 – Rp. 5.000 per kilogram. Disisi lain apabila kran impor dibuka, maka petani Indonesia akan hancur yang berimbas hancurnya kedaulatan pangan Indonesia.

“Negara kita adalah negara besar, sawah besar, Penduduk Besar, Wilayah Besar, maka jangan minder di Dunia Internasional”, itu salah satu sambutan Kol. Lumintang yang memberikan semangat bagi Anggota kelompok Tani Sari Bumi Desa Lukrejo. “Supaya kepercayaan kita kuat, maka kita harus kuat di masing-masing sektor, khususnya petani harus kuat agar mkita tidak minder”, lanjutnya.

Dalam acara sergap tersebut Kepala Desa Lukrejo dan Ketua Gapoktan menyampaikan permohonan bantuan alat pengolah lahan berupa traktor roda 4 dan Combine harvester (mesin panen padi) yang selama ini di Kalitengah baru mendapatkan bantuan dari pemerintah masing-masing 1 buah. Permohonan tersebut di respon oleh Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Lamongan untuk diusulkan ke Kementerian Pertanian karena dananya sangat besar. Dari Kodim Lamongan juga menangapi bahwa Gapoktan dan Kelompok tani bisa pinjam pakai Alat & Mesin Pertanian yang dibutuhkan petani ke Kodim dengan mengajukan permohonan melalui UPT Dinas Pertanian dan Kehutanan Kecamatan Kalitengah.

 

 

 

Leave a Reply

Kartono Net
Sugihwaras - Kalitengah - Lamongan Jawa Timur (62255)
Phone 082131369461
Copyright © 2016