Home » Pertanian » Pertanian Kalitengah masuk 5 besar Panji-Panji Pembangunan Lamongan 2015

Pertanian Kalitengah masuk 5 besar Panji-Panji Pembangunan Lamongan 2015

Jan
23
2018
by : admin . Posted in : Pertanian

Pertanian Kalitengah masuk 5 besar Panji-Panji Pembangunan Lamongan 2015

Kecamatan Kalitengah masuk 5 besar dalam Panji-Panji Pembangunan Kabupaten Lamongan tahun 2015 dalam kategori Pembangunan Pertanian dan Ketahanan Pangan peringkat empat dan kategori Lingkungan Hidup Peringkat satu. Prestasi ini merupakan kesekian kalinya khususnya dalam bidang pertanian. Sebab pada Panji-Panji Pembangunan pada tahun 2014 Kecamatan Kalitengah mendapatkan Juara I kategori Pertanian dan tanaman pangan. Semoga tahun kedua kategori diatas pada tahun  ini masuk menjadi juara I se-Kabupaten Lamongan.

panji-panji pembangunan kalitengah

Memang banyak yang menyangsikan kalau Pertanian Kalitengah bisa masuk menjadi no. 1 Panji-Panji Pembangunan Kabupaten Lamongan, itu kalau dilihat dari luas lahannya yang hanya sekitar 3.310,5 Ha dengan rincian sebagai berikut:

  • Sawah Teknis : 400 Ha
  • Sawah Non Teknis : 2.418 Ha
  • Tegal : 162 Ha
  • Pekarangan : 330,5 Ha
  • Lahan Kritis : 0 Ha

Kalau dibandingkan dengan Kecamatan lain memang dari segi luas lahan masih kalah jauh, tetapi kalau dilihat dari produksi, inovasi dan nilai ekonomi, Pertanian di Kecamatan Kalitengah masih unggul dibandingkan Kecamatan lain, ini bukan sekedar ngecap loh.. tetapi memang kenyataannya seperti itu.

Pada tahun 2014 UPT Dinas Pertanian dan Kehutanan Kecamatan Kalitengah mampu menempatkan timnya menjadi juara II Nasional dalam lomba Karya Tulis Ilmiah Bidang Inovasi Teknologi Pertanian. Dalam Karya Tulis Ilmiah tersebut Tim UPT Pertanian mengangkat judul “ Pemanfaatan Asap Cair Tempurung Kelapa sebagai Pestisida Nabati Untuk Tanaman Pangan dan Hortikultura”. Atas prestasi nasional Penyuluh Pertanian PNS dan THL-TBPP Kalitengah yang di komandani KUPT H. Haryo Sunendyo, SP, MMA membawa nama harum Lamongan di Tingkat nasional yang merupakan satu-satunya wakil dari Kabupaten Lamongan dan satu-satunya wakil dari Jawa Timur. Bapak Bupati Lamongan H. Fadeli, SH, MM juga memberikan penghargaan atas prestasi yang diraih tersebut.

Pembangunan dibidang pertanian juga diwujudkan dengan adanya gerakan penanaman 1 milyar pohon di Kecamatan Kalitengah yang dalam 2 tahun berurutan melalukan gerakan tanam yang disingkat OBIT. (one billion Indonesian trees) yang pada akhir tahun 2014 kemarin Bapak Camat Kalitengah mendapatkan penghargaan OBIT No. II se-Kabupaten Lamongan.

Pembangunan Pertanian di Kecamatan terus berlanjut dengan didukung modernisasi mekanisasi pertanian. Untuk penanaman padi sudah dilaksanakan uji coba penanaman dengan mesin tanam Transplanter. Untuk pengolahan lahan sudah 100% menggunakan hand traktor dan berkembang dengan menggunakan traktor roda 4. Untuk panen padi menggunakan pedal threser, power threser dan sekarang berkembang dengan menggunakan combine harvester, tidak tanggung-tanggung dalam 1 Kecamatan Kalitengah sudah ada lebih dari 5 combine harvester. Hal ini juga tidak terlepas dari perhatian dari Pemerintahan Kabupaten Lamongan dan juga dari Pemerintah Republik Indonesia.

Inovasi-Inovasi Pembangunan Pertanian di Kecamatan Kalitengah terus dikembangkan termasuk Pemanfaatan Agen Hayati untuk pengendalian hama pada tanaman, Penanaman tanaman Refugia sebagai pengendali hayati HPT, Pengembangan Pupuk Organik, Pengembangan lele terpal, Pengembangan melon, dan banyak lagi inovasi yang akan dikembangkan.

Sentuhan pembangunan pertanian tidak hanya dilahan-lahan sawah, sawah tambak dan tegal saja tetapi sekarang ini sudah merambah dengan pemanfaatan pekarangan. Gerakan penanaman pekarangan di Kecamatan Kalitengah didukung oleh Dinas Pertanian dan Badan Ketahanan Pangan Lamongan dengan bergulirnya program P2KP (Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan) dengan Konsep KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari). Pemanfaatan pekarangan ini dengan menanam tanaman hortikultura berupa sayur mayur dan tanaman pangan berupa umbi-umbian.

Semoga pada Panji-Panji Pembangunan Lamongan 2015 untuk Kategori Pembangunan Pertanian dan Ketahanan Pangan dan Lingkungan Hidup Kecamatan Kalitengah dapat menjadi juara I. Dan semoga pertanian  Kalitengah semakin berkembang dapat bersaing dalam pasar bebas asean (MEA).

Leave a Reply

Kartono Net
Sugihwaras - Kalitengah - Lamongan Jawa Timur (62255)
Phone 082131369461
Copyright © 2016