Home » Hidroponik » Petani Hidroponik, Bukan Sekedar Profesi Tapi Hoby

Petani Hidroponik, Bukan Sekedar Profesi Tapi Hoby

Mar
04
2017
by : admin . Posted in : Hidroponik, Pertanian

Petani Hidroponik, Bukan Sekedar Profesi Tapi Hoby

Cara bertani tanpa menggunakan media tanah mulai banyak yang menyukainya, ternyata tidak hanya sebatas suka tetapi sudah menjadi hobby yang menyenangkan. Teknologi Hidroponik ini meramba semua kalangan masyarakat mulai dari anak sekolah, pegawai, ibu rumah tangga, pengusaha bahkan pejabat pun banyak yang menyukai hidroponik. memang ketertarikan teman-teman pada hidroponik ini tak terlepas dari slogan pada hidroponik sekarang ini yang menyebutkan bahwa hidroponik itu mudah, murah dan menyenangkan.

petani hidroponik

Perkembangan hidroponik sekarang sudah memasyarakat baik di Pedesaan, maupun di perkotaan. Apalagi banyak komunitas-komunitas hidroponik di beberapa daerah yang semakin membuat cara tanam dengan teknik hidroponik ini tidak asing lagi di mata masyarakat. Kehadiran komunitas hidroponik ini membawa dampak positip bagi perkembangan hidroponik. kesan hidroponik yang dulu susah dibabat habis dengan munculnya ide-ide kreatif kemudahan dalam berhidroponik. Kesan hidroponik yang dulu mahal terpatahkan dengan munculnya pemakaian bahan daur ulang harga murah yang bisa digunakan untuk berkebun hidroponik.

Dahulu orang mau budidaya hidroponik kalau tidak mempunyai cukup uang tidak akan bisa berkebun hidroponik. untuk mendapatkan ilmu tentang hidroponik agak susah, dan kalaupun sudah mengerti ilmunya juga susah kalau mau mempraktekkannya, karena masih memikirkan bagaimana caranya mendapatkan nutrisi, peralatan, dan terutama lagi bagimana nanti memasarkannya. Ujung-ujungnya semangat yang sudah berapi-api akhirnya padam juga dan kembali bertani secara tradisional.

Sekarang banyak kemudahan-kemudahan kalau mau usaha hidroponik. Biasanya dalam komunitas-komunitas Hidroponik akan mengadakan pelatihan-pelatihan system tanam hidroponik mulai dari kelas pemula, lanjut dan kelas mahir. Dari pelatihan-pelatihan tersebut pengetahuan dan skill kita akan bertambah, dan siap action. Soalnya sekaligus akan dibekali stater kit berupa seperangkat alat dan bahan (bak, sterofoam, sumbu kain flannel, nutrisi AB Mix, rockwool dan benih) untuk memulai berkebun hidroponik. Untuk mendapatkan sarana produksi pertanian dalam kapasitas agak besar sudah ada koperasi yang siap melayani kebutuhan hidroponik anda.

Orang yang berkebun dengan teknik hidroponik bukan petani biasa, tetapi petani yang luar biasa. orang mengatakan petani hidroponik adalah petani berdasi.  Petani hidroponik bukan sekedar profesi tetapi sudah menjadi hoby. Ya menjadi hoby, kita tahu sendiri khan kalau sudah dikatakan hoby berarti lebih dari suka. Bahkan sudah menjadi hidroponik is my life. Sayuran yang dimakan merupakan hasil dari kebun sendiri, kaos yang dipakai juga bertuliskan hidroponik. Anak-anaknya dari kecil juga dikenalkan dengan hidroponik, oleh-olehnyapun serba bernuansa hidroponik. dan dalam perjalanannya ternyata hoby juga bisa menghasilkan keuntungan tambahan.

Andaikan hoby bertani di sawah seperti hoby bercocok tanam dengan teknik hidroponik, maka Indonesia akan makmur. Karena segala lini akan bergerak dalam bidang pertanian yang memang merupakan ciri dari Negara kita yaitu agraris dan maritime (pertanian dan kelautan). Tetapi kenyataan yang terjadi sekarang ini, bahan pangan Indonesia yang katanya Negara agraris malah banyak yang impor, bahkan garam pun sekarang impor padahal kita Negara dengan laut yang sangat-sangat luas.

Hidroponik adalah alternative usaha tani bagi petani-petani yang memang secara prinsip tidak membutuhkan lahan. Hidroponik menjadi solusi permasalahan alih fungsi lahan subur pertanian yang menjadi perumahan dan pabrik. Hidroponik menjadi solusi program intensifikasi sekaligus ekstensifikasi pertanian. Hidroponik mengapus kesan bahwa bertani itu harus becek-becekan, petani itu miskin, petani itu…….. dan kata-kata lain yang mneyebabkan banyak orang enggan melakukan usaha tani. Bahkan profesi petani yang dianggap sebelah mata selama ini harus bangkit. Selama manusia membutuhkan makanan, selama itu pula petani dibutuhkan. Aku bangga jadi petani !!!, siapakah aku…..PETANI !!!.

2 komentar tentang “Petani Hidroponik, Bukan Sekedar Profesi Tapi Hoby”

  1. sigid retno says:

    mohon informasi tempat pembelian atap uv diwilayah seputaran tuban lamongan. trima kasih

Leave a Reply

Kartono Net
Sugihwaras - Kalitengah - Lamongan Jawa Timur (62255)
Phone 082131369461
Copyright © 2016