Home » berita pertanian » Petani Lamongan Punya Kartu Tani

Petani Lamongan Punya Kartu Tani

Oct
24
2017
by : admin . Posted in : berita pertanian, Pertanian

Petani Lamongan Punya Kartu Tani

Petani lamongan punya kartu tani untuk menebus pupuk bersubsidi di Kios Resmi Pupuk. Kartu tani di Kabupaten lamongan telah di launching pada hari Kamis (7/9/2017) bertempat di Pendopo Kecamatan Sugio. Secara resmi kartu tani ini secara nasional akan berlaku pada tahun 2018. Dengan adanya kartu tani ini diharapkan subsidi pupuk tepat sasaran.

Tidak dipungkiri lagi di era sekarang ini segala sesuatu transaksi menggunakan kartu, mulai dari kartu tanda penduduk (KTP), Kartu Ijin Mengemudi (KTP), Kartu Keluarga (KK), kartu BPJS, Kartu Flash untuk tol dan transaksi lainnya, Kartu ATM, dan sekarang petani yang notabene kerjasanya di sawah mengunakan kartu tani untuk mendapatkan Pupuk Bersubsidi dari Pemerintah. Petani Lamongan punya kartu tani yang bisa digunakan multifungsi.

Menurut Bupati Lamongan “ Kartu tani ini program yang sangat luar biasa, subsidi pupuk untuk petani akan tepat sasaran dan hanya bisa diterima oleh petani”. Dengan adanya kartu tani diharapkan adanya kelangkaan pupuk yang sering terjadi di awal tahun bisa teratasi, “jangan sampai ketika petani butuh pupuk, pupuknya tidak tersedia di kios resmi karena berdasarkan RDKK kebutuhan petani dalam setahun sebenarnya sudah tercukupi” tegas Bupati Lamongan.

Dengan adanya petani Lamongan punya Kartu Tani akan mempermudah distribusi pupuk bersubsidi. Tahun 2017 ini di Kabupaten Lamongan masih dalam tahapan input data. Harapannya tahun 2018 kartu tani sudah diterbitkan semuanya dan bisa digunakan untuk penebusan pupuk, karena Awal tahun 2018 ini merupakan awal musim tanam yang membutuhkan banyak pupuk untuk budidayanya.

Menurut Kementerian Pertanian manfaat kartu tani sebagai database petani yang akurat yang juga dapat berfungsi untuk menebus pupuk bersubsidi pada kios pupuk resmi. Dengan adanya kartu tani ini distribusi pupuk bersubsidi akan lebih terkontrol dan tercatat secara resmi. Keuntungan lain dari kartu tani ini dapat dipantau atau di kontrol secara online.

Kartu tani ini merupakan media untuk mempermudah penyaluran bansos dan subsidi pupuk. Untuk kartu tani di Kabupaten Lamongan pihak Kementerian Pertanian bekerjasama dengan BNI sebagai fihak yang mengeluarkan kartu tani. Kartu yang dikeluarkan berfungsi sebagai kartu tabungan dan juga e-wallet (combo) untuk berbelanja. Dan ternyata fungsinya juga bisa digunakan sebagai simpanan yang dapat ditarik secara tunai sebagaimana transaksi perbankan seperti biasanya.

Dilain fihak masih terdapat kesimpangsiuran tentang peran kartu tani sendiri. Ada yang menganggap dengan adanya kartu tani akan semakin ribet, ada juga yang merasa senang dengan adanya kartu tani karena merasa lebih mudah dalam aplikasinya. Dilihat secara umum memang petani sendiri ada kemungkinan mengalami kesulitan dalam bertransaksi pupuk, karena petani masih banyak yang belum pernah berurusan dengan perbankan atau brokrasi yang ada saat ini. Untuk itu perlu peran pendamping termasuk penyuluh pertanian sebagai garda depan pejuang pertanian.

 

 

 

satu komentar tentang “Petani Lamongan Punya Kartu Tani”

Leave a Reply

Kartono Net
Sugihwaras - Kalitengah - Lamongan Jawa Timur (62255)
Phone 082131369461
Copyright © 2016