Home » Bisnis » Resep Pengusaha Kecil Sukses

Resep Pengusaha Kecil Sukses

Feb
12
2016
by : admin . Posted in : Bisnis

Banyak loh pengusaha kecil yang sukses dalam mengembangkan usahanya. Ukuran sukses pengusaha kecil tentunya beda dengan pengusaha besar. Pengusaha kecil dikatakan sukses apabila dia sudah bisa beli mobil, buat rumah, membuka toko baru, bisa umroh, bisa haji, itu sudah cukup. Beda dengan pengusaha besar yang omsetnya milyaran bahkan trilunan rupiah. Tapi dalam tulisan saya ini hanya membahas tentang pengusaha kecil sukses yang bisa dijadikan motivasi bagi pemuda indonesia calon pengusaha atau sebagai inspirasi dan koreksi bagi pengusaha yang belum sukses. Semangaaaaat!.

Beberapa bulan yang lalu saya road show dari Bali, Situbondo, Trenggalek, Ngawi dan Solo. Bukan konser dangdut atau band loh. Pertamanya sih jalan-jalan, tetapi kemudian niat saya ubah untuk melihat dan menggali informasi dari teman-teman pengusaha kecil yang sukses menjalankan usaha dibidangnya masing-masing, kalau pepatah “mengatakan sambil menyelam minum air“, atau “sekali dayung dua tiga pulau terlewati”, asek … Asek.

Di Bali dan Situbondo melihat kesuksesan teman yang usaha dibidang furniture. Perjuangan selama 8 tahun sudah bisa membangun bisnis yang bisa dibilang stabil. Dan sudah mengembangkan usahanya dengan membuka toko-toko baru, sekarang sekitar ada lima buah yang sebagian berada di daerah sukowati Bali. Kesuksesan usahanya diwadahi dalam perusahaanp Pilar Bali Furniture, pilar dewata, bali safari furniture, dan lainnya, Bahkan beberapa tahun belakangan sudah melebarkan sayapnya untuk ekspor furniture ke Amerika, Jepang, Jerman dan Korea. Tidak berhenti disitu, akhir tahun 2015 juga mengembangkan usaha furniture dengan membuka tempat usaha di situbondo dengan bendera Karya Utama Furniture sebagai tempat produksi furniture dan show room mebel Situbondo.

Pertengahan Desember 2015 berkunjung ke Trenggalek untuk melihat usaha dalam bidang digital printing, yang memproduksi banner atau spanduk, sticker, foto frame, X banner, baliho dan neon box. Selama lima tahun menjalankan usaha dibidang digital printing, teman yang satu ini sudah menjadi pengusaha kecil sukses dengan kriteria yang saya sebutkan diatas. Setahun belakangan juga mengembangkan usaha digital printingnya ke wilayah Blitar dan Tulungagung. Sistemnya bagi hasil fifty fifty antara pemodal dan pengelola.

pengusaha-sule

Baru istirahat sehari dirumah kemudian berangkat lagi ke Ngawi dan solo. Di dua wilayah ini dapat tiga pengalaman yang berbeda yaitu; usaha snack atau oleh-oleh, usaha rumah makan lele, dan usaha herbal. Teman pengusaha oleh- oleh diwilayah walikukun telah melaksanakan usahanya selama lima tahun dan alhamdulillah sudah menjadi pengusaha kecil sukses. Dalam menjalankan usahanya telah berhasil membangun rumah, daftar haji, menyekolahkan anak dan mengembangkan usahanya. Perjuangannya diawali dengan membawa sepeda motor jelek yang diberi ronjot atau bronjong dengan membawa penuh snack dari Klaten ke Ngawi.

Pertemuan dengan teman teman pengusaha kecil saya isi dengan wawancara, sharing dan praktek, wah..wah… Seperti buat skripsi saja ya.. Waktu pertemuannya bisa sampai jam sebelas malam, bahkan sampai menginap agar data bisa lengkap dan valid. Dari pembicaraan serius dan santai dengan teman teman pengusaha sukses, saya dapat menyimpulkan ada 7 (tujuh) resep pengusaha kecil sukses, yaitu:
1. Dijalankan sendiri, terjun langsung dan kontrol penuh

Usaha yang dijalankan sendiri dengan terjun langsung dengan kontrol penuh akan mencegah penyelewengan yang terjadi di perusahaan. Dalam membangun usaha hal ini memang sangat diperlukan, awalnya memang berat karena kita harus mengorbankan banyak waktu, tetapi untuk suksesnya usaha pengorbanan tersebut tidak akan sia- sia. Setelah usaha stabil dan lancar, kita akan lebih santai karena system sudah berjalan,
2. Mengerti seluk beluk usahanya dari hulu ke hilir

Pengusaha harus mengerti seluk beluk usaha yang dijalankannya. bisa produksi, bisa manajemen, dan juga bisa melakukan pemasaran sendiri. Banyak pengusaha yang gagal karena tidak bisa nenerapkan resep ini,  mereka belum tahu seluk beluk usahanya ternyata sudah berani melangkah membuka usaha akhirnya modal yang diinvestasikan sia-sia.
3. Jika usahanya melibatkan mesin maka harus bisa service sendiri atau punya tenaga teknis yg bisa diandalkan.

Biaya service mesin dan biaya operasional mesin bisa mengurangi hasil sampai 10 persen sampai 25 persen loh. Kalau punya tenaga teknis sendiri, syukur syukur bisa service sendiri khan lumayan bisa mengurangi biaya perawatan.
4. Membuat laporan harian dan memisahkan antara keuangan perusahaan dengan keuangan keluarga.

“Jangan sekali kali mencampur dua jenis keuangan yang berbeda” kata beberapa pengusaha kecil sukses. Apalagi mencampur keuangan perusahan dengan keuangan keluarga. Ini adalah pantangan yang harus atau wajib dihindari oleh pengusaha kecil sukses.
5. Dilaksanakan dg kerja keras, istirahat ketika capek, overtime, bekerja lebih banyak dari orang lain. Inilah resep usaha yang sangat berat.

Tips berikutnya ntuk menjadi pengusaha yang sukses tentunya tetap kerja keras. Ya, dengan kerja keras pastinya akan membuahkan hasil, entah dengan hasil yang lambat atau yang cepat, tentunya kerja keras ini akan menghasilkan kesuksesan.
6. Jangan mudah puas
Pengusaha jangan sekali kali mempunyai sifat mudah merasa puas, tetapi juga tidak serakah, ada untung sedikit sudah puas akhirnya dipakai beli kendaraan, beli rumah, belanja berlebihan, foya-foya dan lain lain. Saran teman-teman Pengusaha sukses apabila dapat untung kita gunakan untuk menambah stok barang untuk mencukupi apabila ada lonjakan pesanan, untuk mengembangkan usaha lagi dengan membuka tempat usaha baru dan inovasi usaha.
7. Bikin Usaha Anda stabil.
Bagaimana sih usaha yang stabil itu???. Resep yang saya berikan ini dari pengusaha kecil loh, maaf kalau tidak sesuai dengan ilmu ekonomi atau ilmu pemasaran seperti yang diajarkan di bangku kuliah. untuk mencapai usaha yang stabil maka pengusaha harus memiliki pelanggan tetap, omset usaha harus sudah banyak sesuai target lah, produsen juga sudah datang sendiri. biasanya untuk membangun usaha tersebut berhasil sekitar 3-4 tahun. Maka selama itu usaha harus terus …terus…dan terus di bangun agar bisa stabil.

Leave a Reply

Kartono Net
Sugihwaras - Kalitengah - Lamongan Jawa Timur (62255)
Phone 082131369461
Copyright © 2016