Home » berita pertanian » Rumah Kedelai Lamongan Pusatnya pelatihan dan bibit

Rumah Kedelai Lamongan Pusatnya pelatihan dan bibit

Nov
26
2017
by : admin . Posted in : berita pertanian, Pertanian

Rumah Kedelai Lamongan Pusatnya Pelatihan dan Bibit

Lamongan mempunyai andalan terobosan baru di Bidang Pertanian yaitu Rumah Kedelai Lamongan yang merupakan salah satu wujud dari program klaster kedelai lamongan 2016. Rumah kedelai ini akan menjadi learning centre (pusatnya pelatihan bagi petani, kelompok tani, kelompok wanita tani, gabungan kelompok tani dan semua pelaku usaha yang berbasis kedelai) dan seeds centre (pusatnya bibit kedelai lamongan).  Selain itu nantinya Rumah Kedelai  Lamongan Pusatnya Pelatihan dan Bibit.  Hasil olahan dari Rumah Kedelai Lamongan ini diharapkan menjadi ciri khas Lamongan dan menjadi destinasi wisata kuliner.

rumah-kedelai-lamongan

Pada tanggal 18 Nopember kemarin Rumah Kedelai Lamongan yang bekerjasama dengan Bank Indonesia dan  Pec Bromo telah melakukan Pelatihan Pembuatan Makanan Olahan Berbasis Kedelai. Isi pelatihannya adalah pembuatan kripik tempe dan susu kedelai. Rumah kedelai ini akan mengolah tempe higienis yang hasilnya sangat istimewa dengan rasa yang cetar membahana. Tapi pemasarannya tidak bisa di pasar tradisional, karena harganya relative lebih mahal dari tempe-tempe di pasaran. Target pasar adalah ke rumah sakit, hotel dan restaurant yang lebih mementingkan mutu produk. Harapan Rumah kedelai  Lamongan pusatnya pelatihan dan bibit ini semoga menjadi kenyataan.

Rumah Kedelai Lamongan yang merupakan hasil kerjasama CSR Bank Indonesia dengan Pemkab Lamongan ini telah diresmikan pada tanggal 25 November 2016. Peresmian Rumah Kedelai Lamongan oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia dan Bapak Bupati Lamongan di Rumah Kedelai Lamongan yang terletak di Kecamatan Tikung yang kantornya bersebelahan dengan UPT Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Lamongan.

Dalam sambutannya Bapak Bupati Lamongan berharap dengan adanya rumah kedelai lamongan ini akan muncul varietas baru yaitu varietas kedelai asli Lamongan yang provitasnya lebih dari 3 ton per hektar. Padahal sebelumnya kerjasama dengan Bank Indonesia ini telah melalukan terobosan baru dalam penanaman kedelai varietas grobokan yang provitasnya mencapai 2,4  ton per hektar. Lebih tinggi daripada varietas wilis yang selama ini biasa ditanam oleh petani dengan provitas hanya 1,4 ton per hektar. Peningkatannya tidak tanggung-tanggung mencapai 1 ton per hektar.

Bupati lamongan dalam lanjutan pidatonya menyatakan bahwa Lamongan saat ini konsen di Bidang Pertanian. Hal ini dibuktikan dengan dibukanya kawasan jagung modern di Kecamatan Solokuro Lamongan seluas 100 Hektar dengan target provitas 10 ton per hektar. Dilanjutkan lagi dengan program klaster kedelai yang bekerjasama dengan CSR Bank Indonesia dalam pengembangan kedelai Grobokan. Konsen nya Bapak Fadeli ini tidak main-main. Beberapa waktu yang lalu juga berkunjung ke Amerika untuk melihat proses budidaya jagung dan kedelai yang dikelola secara modern. Kalau Bapak Bupati sendiri bilang sekarang ini sedang ngendengi pertanian.

Pengembangan kedelai Lamongan ini telah berhasil menekan laju inflasi Lamongan. Di Jawa Timur Laju Inflasi Lamongan Terendah kedua. Memang secara nasional komoditi Kedelai ini merupakan salah satu produk pertanian yang menjadi pemicu inflasi karena tingkat kebutuhan kedelai yang cukup tinggi di Indonesia. Selama ini untuk menutupi kebutuhan kedelai untuk membuat tempe dan tahu dilakukan impor kedelai dari Amerika. Sungguh ironi kita di daerah agraris tetapi masih tergantung bahan pangan dari Negara lain.

Semoga rumah kedelai lamongan pusatnya pelatihan dan bibit ini benar-benar menjadi rumahnya pelaku usaha, petani, kelompok tani, kelompok wanita tani dan kelompok tani untuk menimbah ilmu tentang budidaya kedelai, olehan kedelai dan pemasaran kedelai. Semua pelaku yang ada di dalamnya bisa semakin sejahtera termasuk penyuluhnya juga. Rumah Kedelai Lamongan menjadi pusatnya olehan berbasis kedelai.

Leave a Reply

Kartono Net
Sugihwaras - Kalitengah - Lamongan Jawa Timur (62255)
Phone 082131369461
Copyright © 2016