Home » Kesehatan » Tips Menjaga Kesehatan Bagi Blogger

Tips Menjaga Kesehatan Bagi Blogger

Feb
01
2018
by : admin . Posted in : Kesehatan, Umum

Tips Menjaga Kesehatan Bagi Blogger

Kalau sakit kemudian berobat harganya sangatlah mahal.  Tetapi menjaga kesehatan itu harganya sangatlah murah. Maka kita harus menjaga kesehatan kita, ingat gak pesan Rasulullah SAW yang menjelaskan …jagalah sehatmu sebelum sakitmu… Kali ini saya mengulas tentang tips menjaga kesehatan bagi blogger. Tulisan saya ini terinspirasi dari pengalaman saya pribadi. Ketika saya berlama-lama di depan komputer saya tidak sadar terbawa suasana sehingga kurang minum atau kurang gerak.

Awal September 2017 saya mengalami sakit pinggang yang luar biasa sampai-sampai saya sholat sambil duduk saja susah. Bahkan kondisi sakit tersebut bertahan selama 2 hari.  Dan Alhamdulillah hari ke 3nya sudah sembuh.  Dengan kejadian sakit seperti ini kemudian baru ingat bahwa saya lalai menjaga kesehatan tubuh. Anggota badan kita memiliki hak-haknya sendiri-sendiri. Diantaranya yang paling tidak saya perhatikan adalah masalah sepeleh yaitu minum. Tapi dari hal sepeleh itu menimbulkan masalah baru yang lebih parah (orang jawa mengatakan sepeleh dadi sepolo). maka saya mencoba menulis pengalaman saya ini dengan judul tips menjaga kesehatan bagi blogger.

Bagi blogger yang sangat-sangat sering duduk membuat artikel yang kadang 1 hari ada yang mencapai 10 artikel yang terdiri dari minimal 500 kata, jaga kesehatannya ya. Berikut ini sedikit tips menjaga kesehatan bagi blogger:

  • Banyak minum air putih

Minum air putih sangat dianjurkan,  apalagi minum air putih sehabis tidur dianjurkan sekitar 4×160 ml setiap hari setelah bangun tidur.  Manfaat minum air putih  diantaranya:  menghilangkan racun, mengurangi berat badan, mencegah gangguan pencernaan dan lebih penting lagi dapat mencegah batu ginjal dan infeksi kandung kemih, karena bisa mengencerkan asam penyebab batu ginjal.

  • Minum Teh Hijau

Saya sarankan sering mengkosumsi teh hijau minimal 2 gelas sehari pagi dan sore, karena teh hijau mengandung antioksidan yang tinggi bisa mencegah terjadinya kanker dan juga penyakit lainnya. Bahkan ada yang mengatakan kalau sering minum teh hijau akan menjadi awet muda dan panjang umur.

Bukannya saya jualan teh hijau di  distributortehjamus.com ya kemudian menyarankan mengkosumsi teh hijau, walaupun ya nebeng jualan juga sih. Yang membutuhkan teh hijau bisa SMS/WA di Nomor 085745135415. Dokter Raisa pembawa acara DR. OZ Indonesia pernah menyampaikan “kalau ingin kulit cantik dan awet muda banyaklah minum air putih dan minumlah teh hijau”.

Teh hijau mengandung senyawa antioksidan tinggi yang kandungannya 100 kali lebih tinggi dari vitamin C dan 25 kali lebih tinggi dari vitamin E. antioksidan tinggi dalam teh hijau dapat menangkat radikal bebas penyebab berbagai penyakit degeneratif akibat pola makan yang salah dan instan.

Selain mencegah dan mengobati penyakit teh hijau juga dapat memberikan efek ketenangan, dengan seduhan relaksasinya. Sehingga setiap hari akan selalu fresh walau tanpa refreshing.

  • Olahraga Pagi

Tips yang ke tiga ini ada yang menganggap berat ya, tapi ya harus kita lakukan aktivitas lari pagi atau jenis olahraga ringan lainnya, karena banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan kita, Yaitu:  awet muda, memperbaiki kualitas tidur, membakar kalori, dll.

Sebenarnya tidak perlu berat-berat ya, pagi hari sehabis sholat subuh bisa jalan-jalan atau jogging pagi sambil peregangan otot. Bagus lagi kalau olahraga sampai keluar keringat, kemudian dilanjutkan aktivitas kecil berkebun misalnya, ya damai rasanya.

  • Membaca Al Qur’an

Sehat itu harus jasmani dan rohani ya, makanya membaca Al Qur’an saya masukkan sebagai tips menjaga kesehatan bagi blogger. Membaca Al Qur’an kita rutinkan setiap pagi hari sehabis subuh akan mendapatkan pahala yang besar dan tentunya akan mendapatkan ketenangan batin. Rohani kita akan mendapatkan nutrisi yang dibutuhkannya. Selain itu rumah kita akan menjadi rumah terbaik bagi kita dengan suasana aman, nyaman, sejuk tidak seperti di Kuburan.

  1. Sediakan Tempat Duduk & Pencahayaan yang Pas

Bagi anda yang suka duduk berlama-lama di depan komputer usahakan menyediakan tempat duduk yang sesuai dengan ergonomika tubuh kita, pas antara komputer dan penglihatan kita, tidak terlalu rendah dan tidak terlalu tinggi, Pas pokoknya. Termasuk pencahayaan ruangan harus pas jangan terlalu redup, jangan juga terlalu terang yang akibatnya akan mengganggu penglihatan kita.

  1. Jaga Mata Kita

Karena yang dihadapi adalah komputer dan dilakukan dalam waktu yang lama, maka secara otomatis mata kita akan terkena radiasi komputer. Maka kita jaga aset luar biasa ini dengan memberikan pengamanan yang super ketat ya. Untuk mengurangi radiasi bisa kita pasang screen radiasi pada komputer kita. Untuk menjaga kesehatan mata bisa dengan mengkosumsi makanan, buah-buahan atau sayuran yang cocok yang mengandung banyak vitamin A seperti wortel, kacang hijau atau jenis makanan yang lain.

Demikian sedikit tips menjaga kesehatan bagi blogger, bisa di coba diterapkan satu atau semua tips diatas ya.

 

Leave a Reply

Kartono Net
Sugihwaras - Kalitengah - Lamongan Jawa Timur (62255)
Phone 082131369461
Copyright © 2016