Home » Kelompok Tani » UPT Dinas Pertanian Kalitengah Serius Membina Kelompok Wanita Tani

UPT Dinas Pertanian Kalitengah Serius Membina Kelompok Wanita Tani

Feb
01
2018
by : admin . Posted in : Kelompok Tani

UPT Dinas Pertanian Kalitengah Serius Membina Kelompok Wanita Tani

 

UPT Dinas Pertanian dan Kehutanan Kecamatan Kalitengah pada 3 tahun terakhir ini aktif membina kelompok wanita tani dengan serius. Tahun 2013 kemarin hanya 1 kelompok wanita tani yang dibina khusus dan berhasil menyandang juara 1 Lomba Cipta Menu tingkat Kabupaten Lamongan yang diadakan oleh Badan Ketahanan Pangan Lamongan. Kelompok Tani Mawar dari Desa Kalitengah. Pada tahun 2014 mendapat tambahan program kegiatan P2KP (Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan) dari Badan Ketahanan Pangan Lamongan. Pada tahun 2014 tersebut kelompok Wanita Tani Mekar Sari Desa Sugihwaras mendapatkan Juara Harapan III Lomba Cipta Menu di BKP Lamongan. Untuk tahun  2015 mendapatkan kepercayaan 3 program P2KP sekaligus yaitu Kelompok Wanita Tani Tuas Mandiri Desa Kalitengah, Kelompok Wanita Tani Nusa Indah Desa Pucangro dan Kelompok Wanita Tani Sekar Sari Desa Pengangsalan. Semoga tahun 2016 ini juga dapat berprestasi.

kwt kalitengah

Pembinaan UPT Dinas Pertanian dan Kehutanan ini tidak sebatas pembinaan dengan penyuluhan berkala saja, tetapi juga melatih kemandirian Kelompok Wanita Tani. Kelompok Wanita Tani Kalitengah diorganisasi dengan baik sekali dengan mendirikan Asosiasi Kelompok Wanita Tani se-Kecamatan Kalitengah. Dalam pertemuan asosiasi KWT Kalitengah yang dilakukan 2 bulan sekali ini diisi dengan saling sharing sesama anggota kelompok. Pertemuan Asosiasi diadakan dirumah KWT secara bergantian antar kelompok sehingga dari masing-masing kelompok bisa makin belajar dari kelompok lain, sehingga bisa maju bersama-sama.

Dalam pertemuan perdana pertemuan KWT se-Kecamatan Kalitengah diisi dengan materi teknis pembibitan tanaman hortikultura. Materi disampaikan oleh Ketua Kelompok Wanita Tani Mekar Sari Desa Sugihwaras yang sekaligus sebagai ketua Asosiasi KWT Kecamatan Kalitengah. Sedangkan pertemuan kedua diisi dengan materi teknis budidaya hidroponik sederhana yang disampaikan oleh Ketua Kelompok Wanita Tani Tunas Mandiri Desa Kalitengah, yang secara kebetulan juga Sekretaris Asosiasi KWT Kalitengah dan pengurus dari Komunitas Hidroponik Lamongan (KOHILA).

Pembinaan pada KWT se-Kecamatan Kalitengah ini adalah untuk mengajak kelompok-kelompok wanita yang ada untuk dapat memanfaatkan pekarangan rumahnya dengan ditanami tanaman hortikultura seperti sayur sawi, bayam, cabe, kangkung, dll. Sayur-sayur ini merupakan sayuran yang biasa dikosumsi oleh masyarakat Indonesia. Untuk mencukupi kebutuhan akan kebutuhan sayur keluarga tidak harus keluar uang untuk membelinya, tetapi ternyata ibu-ibu KWT bisa menanamnya sendiri di pekarangan rumahnya, bahkan apabila lebih bisa dijual. Selain pemanfaatan pekarangan untuk tanaman hortikultura juga dapat dimanfaatkan untuk menanam tanaman pangan berupa umbi-umbian seperti: ketela pohon, ketela rambat, ganyong, dll. Program pemberdayaan pekarangan ini mendukung pemerintah dalam peningkatan produk pangan lokal dan penganekaragaman pangan. Secara tidak langsung dengan pemanfaatan pekarangan akan menghemat biaya belanja bulanan keluarga dan bahkan jika pengelolaannya lebih intensif akan membantu suami dalam kontribusi menambah pendapatan keluarga.

Sasaran pembinaan kelompok wanita tani tidak terbatas pada kegiatan tanam menanam loh, tetapi juga pembinaan masalah pengolahan pangan. Banyak pangan-pangan lokal yang bisa diolah dan dikembangkan menjadi bisnis. Pengolahan produk hasil olahan dari produk unggulan kalitengah dapat berupa pembuatan kripik ubi ungu, ubi madu dan ubi putih, pembuatan kripik singkong, pembuatan kerupuk ikan, pembuatan telur asap, pembuatan brondong jagung, dan banyak lagi jenis olahan yang bisa dikembangkan dengan menggunakan sumber pangan lokal.

Pembinaan berkelanjutan adalah ingin anggota-anggota kelompok dapat berkembang dan dapat menjalankan usahanya dengan lancar. Untuk mencapai tujuan tersebut penyuluh UPT Dinas Pertanian dan Kehutanan Kecamatan Kalitengah juga mendampingi kelompok tani untuk mengurus badan hukum dan PIRT ke Dinas Terkait sehingga walaupun kelompok tetapi mempunyai bergining position dan nilai jual yang tinggi dalam bidang produksi dan pemasaran produk pertanian.

Leave a Reply

Kartono Net
Sugihwaras - Kalitengah - Lamongan Jawa Timur (62255)
Phone 082131369461
Copyright © 2016